Jika ingin memasang IKLAN di Blog ini bisa Hub : 085693505299


MINAT !! SIKAT !!!

SELAMAT DATANG DI BLOG CALISTUNG PEMBELAJARAN , SEMOGA APA YANG DI BERIKAN CALISTUNG PEMBELAJARAN INI BISA BERMANFAAT...AMIIIN

Pages

Ruang Tiga DImensi

Calistung Pembelajaran : Matematika



  A.Ruang Tiga Dimensi

       Dalam materi ruang tiga dimensi tidak pernah terpisahkan dengan konsep , titik , garis , dan bidang. Konsepnya berurutan dimulai dengan konsep kemudian garus , lalu bidang dan terakhir konsep ruang. Konsep ruang maka anda harus menguasai konsep bidang , konsep bidang akan dikuasai jika sudah paham dengan konsep garis sedangkan konsep garis ini juga akan anda kuasai jika anda sudah paham dengan konsep titik.

          Garis adalah himpunan titik titik yang anggotanya terdiri dari lebih dari satu buah titik . Titik - titik tersebut berderet kedua arah yang berlawanan sampai jauh tak terhingga. Model atau refresentasi sutau garis misalnya seperti seutas benang atau tali lurus yang dapat diperpanjang kedua arah yang berlawanan sampai jauh tak terhingga garis hanya mempunyai ukuran panjang , berbeda dengan titik yang diberi nama menggunakan sebuah huruf kapital , sedangkan garis diberi nama dengan menggunakan huruf kecil seperti g , h , l , dan seterusnya atau dua buah huruf kapital seperti AB , AC , BC , dan seterusnya. Pada gambar dibawah ini diperlihatkan dua buah garis yaitu garis h dan AB


Gambar : 1. Klik disini
                                                                               2. Klik disini
                
          



B. Gradien

          Gradien suatu jenis lurus adalah perbandingan antara komponen Y (Ordinat) , dan komponen X (Absis) antara dua titik pada garis itu. Gradien suatu garis biasanya dinotasikan dengan huruf kecil , garis persamaannya Y = mx + n , besarnya gradien adalah m.

          Persamaan garis yang melalui titik (x1 y1) dengan gradien m adalah x - y1 = m (x - x1).


C. Dua Garis Sejajar

          Dua haris dikatakan memiliki hubungan sejajar jika gradiennya sama. Dua garis sejajar adalah dua garis yang jika diperpanjangkan berapapun tidak akan pernah berpotongan misal gradien garis satu adalah m1 dan gradien garis dua adalah m2 , maka m1 = m2.

           Pada gambar berikut ini , melalui dua buah titik yaitu A dan B dapat dibuat tepat satu garis , yaitu garis m . Selanjutnya , apabila dari titik c diluar gari m dibuat garis sejajar garism yang melalui titik tersebut , ternyata hanya dapat dibuat tepat satu baris , yaitu garis n .



Gambar Klik disini


" Melalui satu titik diluar sebuah garis dapat ditarik tepat satu - satu baris yang sejajar dengan garis itu"

        Selanjutnya perhatikan gambar dibawah ini. Pada gambar dibawah diketahui garis m sejajar dengan garis n (m // n) dan garis miring memotong garis m dititip P apabila garis / yang memotong garis m ditik P diperpanjang maka garis / akan memotong garis n disatu titik , yaitu titik Q.



Gambar Klik disini



"Jika sebuah garis memotong salah satu dari dua garis yang sejajar , maka garis itu juga dan memotong garis yang kedua".

            Sekarang perhatikan gambar dibawah ini , pada gambar berikut , mula - mula diketahui garis k sejajar dengan garis / dan haris M . Tampak bahwa garis K sejajar dengan garis L atau dapat ditulis dan garis K sejajar denan gari M , titulis K // M karena K // L dan K // M , maka L // M . Hal ini berarti bahwa garis L sejajar dengan garis M.



Gambar Klik disini






*-*


Saya sangat mengapreasikan segala kunjungan , komentar dan kritik pembaca ke Blog CALISTUNG PEMBELAJARAN. Semua itu telah membuat blog Calistung Pembelajaran menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan dan berinteraksi.
Semoga bermanfaat.



*Salam Pendidikan*


*Fokus Pada Tujuan*


0 Response to "Ruang Tiga DImensi"

Posting Komentar