Jika ingin memasang IKLAN di Blog ini bisa Hub : 085693505299


MINAT !! SIKAT !!!

SELAMAT DATANG DI BLOG CALISTUNG PEMBELAJARAN , SEMOGA APA YANG DI BERIKAN CALISTUNG PEMBELAJARAN INI BISA BERMANFAAT...AMIIIN

Pages

2 Cerita Inspirasi Now

Calistung Pembelajaran : Bahasa Indonesia


The Power Of Love

Cerpen Karangan: Shabrina Saraya
Kategori: Cerpen CintaCerpen Remaja
Lolos moderasi pada: 29 November 2017


“Krriiinnggg” bel berbunyi keras, membuat para siswa berteriak “yes” dalam hatinya.
“Ta.. lu gak pulang?”
“Bentar lagi.. lu duluan aja”

Tania Dwi Maharani, itu namaku. Biasa dipanggil Tania. Aku masih duduk di bangku kelas 2 SMA. Prestasi sekolahku lumayan, aku selalu mendapatkan peringkat 3 besar di kelas. Pelajaran yang aku sukai yaitu matematika, aneh ya? Kebanyakan orang membencinya tapi aku malah menyukainya bahkan itulah keahlianku, hahaha begitulah aku. Tapi berkat keahlianku ini aku bisa dekat dengan seorang cowok di kelasku.

“Rin… tungguin gua dong!!!”
“Tadi kata lu, duluan aja.”
“Ih, kapan gua bilang kayak gitu? Ah gua gak ngerasa.”
“Hadeuh.. makanya jangan mikirin dia mulu, katanya mau move on tapinya dipikirin mulu.”
“Udah ah gak usah dibahas lagi males gua ngebahasnya. Eh, ada angkot kosong tuh naik yuuk!”
“Ah.. lu mah setiap gua cerita dia pasti aja lu alihin pembicaraan.”

Kata ‘MOVE ON’ yang keluar dari mulutku tetap saja tidak bisa mengubah perasaan yang sudah mulai tumbuh dari awal pertemuan dengannya.
“Eh, ta.. liat ada siapa tuh!!!” kata Rina saat kami di angkot.
“Siapa sih?” jawabku pura-pura tidak tahu.
“Ah.. lu mah pura-pura gak ngeliat.. Itu tuh si Rio!” balasnya sambil menggodaku.
“Isshh.. apan si lu! Udah deh gak usah ngomongin tentang dia lagi!” kataku kesal’
“Ya udah deh gak usah ngomongin dia lagi” sesalnya

Rio Dwi Permana, cowok yang ganteng, pintar, dan lumayan sholeh. Dia adalah cowok paling pintar di kelasku, dia pintar matematika sama sepertiku. Bahkan kami sering kerja sama setiap mengerjakan soal apapun. Dari kedekatan kami inilah yang membuat aku mulai menyukainya. Aku ingin sekali dia menyadari perasaanku ini, tapi aku juga gak mau pacaran. ‘Orangtua’ itulah alasanku gak mau pacaran. Orangtuaku selalu percaya bahwa aku akan menjaga amanat ini sampai umurku cukup.
“Taniaaa!!!” teriak seorang cowok memanggil namaku dengan kencang.
“Apaan?” tanyaku bingung.
“Lu PR udah belum?”
“PR yang mana?”
“Yang halman 27 bagian 1.”
“Oh yang itu, bentar dulu..”
“Iya. Buruan!”
“Nih, jangan kasih tau yang lain ya!”
“Iya, selow. Makasih ya tania.”
“Iya.”

“Krrriiinngg” Bunyi bel di kelas membuat para siswa menjadi kurang bersemangat.
“Ih malesin sekarang pelajaran guru stres.” ujar temanku Lia.
“Iya tau malesin bu Rita mah tiap hari kerjaannya marah-marah mulu, gak ada bosennya apa tuh guru.” Kata Kintan
“Hush.. jangan ngomongin guru yang jelek-jelek, nanti pelajarannya gak masuk ke otak lho!” timpal Rina yang sedari tadi diam saja.
“Ada apa sih ini? kok ribut banget sih?”
“Itu lho ta, kita tuh paling gak suka sama bu Rita, soalnya dia tiap hari kerjaannya marah-marah terus.” Jawab kintan
“Ah, jangan gitu, itu kan guru kita. Lagian juga kan pelajarannya seru!”
“Bagi lu sih seru, soalnya kan lu pinter matematika. Nah kita? Tiap hari dapet nilai matematika kalo gak 5 ya 6.” balas Lia.
Memang benar bu Rita itu nyebelin, tapi bagaimanapun dia itu guru kita, kita tidak pantas membencinya.

“Selamat pagi anak-anak!” seru seorang guru wanita. Ya, dia bu Rita.
“Pagi bu…” jawab para siswa dengan lesu.
“Kerjakan halaman 47 no 3 dan 5! Ibu mau ke kantor dulu ada kerjaan penting.”
Begitulah bu Rita abis ngasih tugas langsung pergi gitu aja. Tapi gak papa lah yang penting aku masih bisa tanya tanya ke Rio.

Aku masih ingat bagaimana kami bisa seakrab sekarang ini. Awalnya Rio hanya sekedar bertanya kepadaku, namun lama-kelamaan kami akhirnya bekerja sama.
Flashback On
Saat ulangan harian seni budaya dia mungkin hanya iseng mengajak kompromi denganku.
“Hey Tan, nanti ulangan seni budaya kita kerja sama yuk!”
Sebenarnya aku saat itu juga sedang iseng ya udah aku jawab aja iya.
“Hahaha ok”

“Keluarkan kertas selembar beri hari, nama, dan kelas” seru sang guru.
5 Menit berlalu guru pun tampak lengah.
“Tania?” panggil seseorang dari arah samping.
“Apa?” jawabku
“No 4 apa?”
“Gong, arababu, idiokordo. Kalo no 7 apa?”
“Rangkaian sejumlah nada atau bunyi yang ditanggakpi berdasarkan perpaduan tinggi rendah atau naik turunnya”

Waktu ulangan pun telah berakhir.
“Tania.. makasih ya”
“Iya. Makasih juga ya”
“Nanti kalo ada ulangan lagi kerja sama lagi yuk!”
“Hayu ajah gua mah.. hahaha”

Semenjak saat itu lah kami dekat. Dan semenjak saat itu juga kami jadi sering kerja sama”
Flashback End.

“Tania?” teriak seseorang yang membuyarkan lamunanku.
“Ah lu, ngagetin gua aja! Apaan?”
“Ini buku lu. Cepet kerjain soal di depan, nanti bu Rita ngamuk!”
“Oh iya. Makasih”
Aku pun maju ke bangku depan, karena aku tidak kelihatan

“Lu mau ke mana?” tanya Rio
“Gua mau ke depan. Gua gak bawa kacamata”
“Oh ya udah”

“Tania yang no 1 gimana sih?”
“Nih liat aja!”
“Makasih ya Tania”

Hari-hari pun berlalu. Tapi kisah kita tak hanya sampai disitu saja, kami semakin hari semakin dekat.
“Hah? Demi apa hari senin UTS?”
“Iya teh? Ah males gua, tiap hari kudu belajar”
Begitulah tanggakpan teman-temanku tentang UTS, tapi aku malah senang dengan UTS. Alasannya apa lagi kalo bukan Rio. Karena jika UTS kami pasti akan semakin dekat.

Seperti biasa setiap pagi kami selalu belajar sambil bercada. Dan disaat kami sedang seru-serunya bercanda bel pun berbunyi.
Kriiinnggg

“Ih Tania kenapa lu maju ke depan? Sini ih sebelah gua, tukeran sama si kintan!”
“Kenapa?” tanyaku iseng pada Rio
“Kalo lu di situ kita jadi susah kerjasamanya”

Andai saja Rio mengatakan ‘Gua gak mau jauh-jauh dari lu, gua sayang banget sama lu. I love you Tania’ hahaha itu hanya khayalanku saja.
“Selamat pagi anak-anak?”
“Pagi pak!”
“Sekarang bapak minta laki-laki semuanya ke depan!”

“Ada apa ya tan?” tanya Lia
“Gak tau gua juga. Kita liat aja” jawabku

“Anak perempuan sekarang isi bangku yang kosong. Dan sekarang anak laki-laki pilih ingin duduk di mana!” seru pak Amin
Hah? Aku bakalan duduk sama cowok? Siapa ya? Apa jangan-jangan si Rio? Ah kayaknya impossible banget dia mau duduk sama aku.
Tiba-tiba ada suara cowok yang manggil aku
“Tania?
“Iya?”
“Gua boleh duduk di sini?”
“Hmm.. boleh”

Hah Rio mau duduk sama aku? Apa mungkin ini mimpi? Tapi saat aku mencubit tanganku sendiri, ternyata ini bukan mimpi. Yes Rio mau duduk sama aku.
Padahal waktu itu dia pernah bilang padaku, katanya dia ingin duduk dengan si Puspa. Tapi kenyataannya dia duduk dengan aku. Sebenarnya aku gugup, sampai-sampai jantungku berdegup kencang, kakiku bergetar hebat, tanganku berkeringat, dan wajahku memerah. Tapi aku berusaha menutupinya.

Ulangan pertama adalah matematika. Matematika? Ini mimpi atau bukan ya? Tanyaku dalam hati.
“Tania?”
“Iya?”
“No 1 apa?”
“C”
“No 12, B “
“Makasih”
“Sama-sama”
“Iya”

Rio ngasih tahu aku? Padahal aku kan gak nanya.
Tiba-tiba suatu insiden menimpaku.
“Ih… Ih… Ih… Rina mah!” kataku saat botol minum Kintan tumpah di mejaku.
Satu kelas pun menertawaiku. Tapi ada yang membuatku senang. Saat aku ke depan mengambil LJK baru, Rio mengelap mejaku yang basah. Ah ya ampun ini mimpi atau bukan ya? Aku takut jika ini hanya sebuah mimpi.

Tidak terasa UTS pun telah berakhir. Tiba-tiba Lia mengatakan hal yang aneh sekaligus membuatku senang.
“Tan, kata gua mah si Rio suka juga deh sama lu!”
“Ah, mana mungkin si Rio suka sama gua! Udah deh jangan bikin gua baper!”
“Ih… lu mah gak percaya. Kalo gua perhatiin ya, si Rio diem-diem suka ngeliatin lu tau!”
“Yang bener?” jawabku tersipu
“Iya. Kalo gak percaya, lu perhatiin aja dia!”

Seorang Rio Dwi Permana suka sama aku? Hahaha mana mungkin sih? Secara dia kan cowok paling pinter di kelas. Walaupun aku juga pintar, tapi tetep aja impossible.
Setelah UTS hubungan kami pun mulai merenggang, aku tidak tahu apakah ini hanya perasaanku saja atau memang benar adanya. Mungkin Rio jenuh denganku.
Eittss, tapi kok rasanya akhir-akhir ini si Rio deket sama si Nia ya? Apa jangan-jangan mereka punya hubungan spesial lagi?

“Heh Tania sebenernya lu kenapa sih?” tanya seseorang yang mengagetkanku
“Astaghfirullah.. lu ngapain teriak kayak gitu, kaget tau gua!” kataku
“Abisnya lu ngelamun mulu akhir-akhir ini. Emang lu ada masalah apa sih? Ceritain dong sama gua, kita kan sahabat Tan..” kata Lia
“Gak ada kok Li..” jawabku singkat
“Bohong!! Pasti tentang si Rio kan?” hayo ngaku ada apa emang sama si Rio?”
“Hmm. Iya deh gua ngaku sekarang, gua sekarang merasa aneh sama si Rio deh.. sekarang kok dia jadi deket sama si Nia sih? Mereka jadian bukan sih? Jawabku jujur
“Oh gitu toh.. jadi lu cemburu sama mereka berdua? Haha temen gua yang satu ini emang ya perasaannya sensitif banget. Hahahaha”
“Ih gua gak cemburu, lagian juga ngapain gua cemburu sama mereka? Emangnya gua siapa? Pacarnya bukan, gebetannya bukan, pokoknya gua bukan siapa-siapanya Rio. CUMA TEMEN”
“Hahahaha… Taniaku sayang apa lu lupa kalo si Nia itu pacaran sama mantan lu? Hahaha cemburu membuat kita lupa segalanya”

Kok gua bisa lupa ya, kalo si Nia itu pacaran sama mantan gua si PTP (puntet teu pararuguh :D). Upss… Hahaha CEMBURU BIKIN LUPA SEGALANYA.
Hari berganti merubah dengan cepat kebersamaan kami di kelas 11. Betul hari ini adalah pembagin rapot kenaikan kelas.
“Deg.. deg.. deg..”
Jantungku berdegup kencang sekali karena aku berharap sekali akan menjadi juara 1 di kelas.
“Tania!!! Lu ke mana aja sih tuh liat siapa yang jadi juara 1 di kelas” kata Mita
“Ih.. gak mau ah gak berani gua”
“Eh.. liat dulu say”

Aku pun ditarik oleh Mita dan teman-temannya menuju kelasku. Dan ‘damn’ aku ternganga melihatnya ‘JUARA 1 TANIA DWI MAHARANI dengan jumlah 1066 dan rata-rata 89’.
“Alhamdulillah” ucapku penuh syukur.
“Tania selamat ya!!” ucap banyak teman padaku sampai aku bingung harus membalas kepada siapa saja.

Eh sebentar deh kok aku gak ngeliat nama si Rio di ranking 10 besar ya. Mana mungkin Rio tidak masuk 10 besar, ah sudahlah abaikan.
“Hai Tania” sapa seseorang yang membuatku terkejut
“Hah? Apa?”
“Cie yang dapet juara 1 selamat ya, gua aja 10 besar gak dapet”
“Ng..ng.. iya” Apa benar Rio mengucapkan selamat kepadaku

“Gua mau ngomong sesuatu sama lu boleh gak?”
“Hmm.. Boleh”
“Gua sebenernya sayang sama lu mau gak lu jadi pacar gua?”
Orang yang aku suka dari awal kelas 11 suka sama aku ah gak mungkin ah impossible. Jangan jangan ini cuma mimpi. Tapi ‘aww’ kok sakit ya pipi aku.

“Tan, kok diem aja?”
“Eh, apa tadi?”
“Gua nanya lu mau gak jadi pacar gua?”
“Nghh.. gimana ya gua mau fokus belajar dulu buat kelas 12. Lu gak marah kan?”
“Santai aja kali tan, lagian juga gua cuma mau ngetes lu doang”

Sudah kuduga pasti si Rio Cuma mau mainin perasaan aku doang. Kenapa kamu jahat banget sih sama aku.
“Hahaha. Lucu banget sih lu! Bisa bisanya lu mainin perasaan gua!”
“Hei yang mainin perasaan lu siapa emang”
“Gak usah pura pura bego deh lu.. tadi lu udah nembak gua tapi pas gua tolak lu malah bilang kalo lu cuma ngetes gua doang”
“Hahaha. Jadi cuma gara-gara itu doang lu marah. Haha lucu”
“Ngapain ketawa dasar gak tau diri”
“Ya udah gua jelasin ya.. maksud gua ngomong kaya gitu, gua pengen tau lu tuh orang yang langsung nerima cowok gitu aja, tapi ternyata mereka semua salah. Lu itu cewek yang beda dari cewek yang lain, gua sebenernya udah tau kalo lu itu suka sama gua tapi gua mau ngebuktiin apa lu cewek baik atau enggak. Ternyata dugaan gua bener lu cewek baik baik yang merelakan pacaran demi masa depan lu”

Hah apa dia bilang apa aku gak salah denger. 1 tahun aku nunggu dia ternyata gak sia-sia juga, tapi apa tadi kata dia. Bikin meleleh tau.
“Cie yang blushing gua bilang kaya gitu”
“Ih apaan sih enggak kok enggak”
“Ya udah gua mau kita jadi temen sampai kita dipertemukan lagi disaat kita telah ada dimasa depan dan kita menyongsong kehidupan bersama. Aku, kamu, dan anak-anak kita. Goodbye”
“Hah?”

Tamat



Cerpen Karangan: Aprilia Tresia Tang
Kategori: Cerpen Cinta
Lolos moderasi pada: 27 November 2017

Gista membuka album lama yang tersimpan di lemarinya. Album itu adalah kenangan terindahnya bersama mantan terbaiknya. Mantan yang mengajarkan banyak hal, yang tak bisa diajarkan oleh pacarnya saat ini. Yaitu perjuangan hidup.
Setiap pasangan yang akan menikah pasti akan bahagia. Karena pada akhirnya, penantian mereka akan berakhir di pelaminan. Tetapi tidak dengan gista. Menjelang pernikahannya, dia malah teringat dengan mantanya yang bernama rio. Bagi gista pernikahan adalah kebahagiaan dan cinta. Itulah yang belum dia dapatkan dari ega. Hatinya sungguh bimbang memikirkan jalan hidup mana yang akan dia pilih.
Sudah dua jam gista mengurung dirinya di dalam kamar sambil melihat-lihat foto rio. Sungguh hatinya ingin bertemu dengan rio sekali saja. Agar dia bisa memilih jalan hidupnya kedepan.

Air matanya mengalir sangat deras hingga gista lupa kalau dia sudah ada janji dengan ega. Gista pun bersiap-siap dan bergegas pergi ke sebuah kafe.
Sesampainya di kafe, gista melihat-lihat kesana dan kemari. Tetapi dia tidak menemukan ega. Akhirnya gista mencoba untuk menghubungi ega.
“hallo sayang” ucap gista
“iya ya sayang, ada apa?” tanya ega sambil memilah-milah dokumennya
“kamu di mana? bukannya kita ada janji hari ini” ucap gista mengingatkan
“janji (mengingat-ingat). Astaga maaf sayang, ega lupa kalau ada janji sama kamu. Kita cancel aja ya..” ucap ega masih memilah-milah dokumennya
“terserah lah..!!” teriak gista sambil mematikan handphonenya
Itulah yang membuat gista hilang rasa dengan ega. Ega selalu mementingkan pekerjaannya dibandingkan hubungannya dengan gista. Bagi ega pekerjaan itu nomor satu, dan gista nomor 2. Prinsip itulah yang membuat gista merasa tidak cocok dengan ega. Padahal mereka sudah menjalani hubungan selama empat tahun lamanya.

Gista pun pergi dari kafe dengan perasaan kecewa. Ini bukan kali pertama ega melupakan janjinya hanya untuk pekerjaan dan bukan kali pertama ega meng cancel pertemuan mereka secara tiba-tiba. Gista pun menaiki sebuah taksi yang sedang terparkir di pinggir jalan dan menuju ke sebuah taman yang indah. Taman dimana gista dan rio dipertemukan dan dipisahkan oleh waktu. Setiap dirinya merasa sedih, gista selalu pergi ke taman ini. Bagi gista, walaupun saat ini dirinya dan rio tidak bersama. Namun, dia yakin suatu hari nanti rio akan datang ke taman ini. Untuk mengingat masa lalu mereka berdua.
Gista hanya bisa menghirup udara segar di taman ini sambil melihat foto-foto dirinya dan rio. Betapa bahagiannya dirinya saat itu. Saat dimana gista dan rio menjadi pasangan terpopuler semasa sekolah.
Tak beberapa lama gista duduk sambil mengenang masa lalunya. Tiba-tiba saja ada seorang laki-laki yang mengagetkan gista. Bibirnya terkatup dan matannya tak berkedip. hatinya terasa sedang berada di dunia lain. Laki-laki yang selama ini dia tunggu akhirnya ada di depan matanya.
“gis, gista” panggil rio
Gista hanya tetap terdiam sambil menatap rio dengan tajam. Dia benar-benar tidak bisa berkata apa-apa.
“apakah ini sebuah mimpi, yaa tuhan jika ini mimpi tolong bangunkan diriku dari mimpi yang indah ini. Mimpi ini akan membuat hatiku semakin sakit tuhan” teriak gista di dalam hatinya sambil memejamkan matanya.
“gista ini aku rio” ucap rio sambil memegang erat tangan gista

Tanpa berkata apa-apa gista langsung memeluk rio dengan sangat erat. Penantiannya selama beberapa tahun untuk mengunjungi taman ini secara rutin tidak sia-sia. Akhirnya, sebelum ia benar-benar menjadi milik ega. Dia bisa bertemu dengan rio.
“rio, kenapa kamu tinggalin aku?” tanya gista sambil menatap tajam rio
“hidup ini penuh dengan pilihan. Meninggalkanmu adalah pilihan yang terbaik untuk kita berdua gista” jawab rio
“apa yang membuat itu menjadi pilihan terbaik untuk kita berdua?” tanya gista sambil meneteskan air matanya
“gista, kamu ingat waktu aku berjanji akan menemui kamu malam itu juga. kalau hujan” ucap rio mengingatkan
“iya, aku ingat” ucap gista
“aku datang malam itu gista. Tetapi sayang, orangtuamu tidak mengizinkan kita bertemu. Mereka bilang aku tidak pantas untuk menjadi kekasih dari anak mereka. Aku mengerti mengapa orangtua kamu berkata seperti itu. Akhirnya, aku memutuskan untuk mengambil beasiswa ke jepang dan berjanji akan kembali untuk menemui kamu setelah aku sukses” jelas rio sambil meneteskan air matanya
“kenapa kamu gak bilang sama aku rio, kenapa? kalau kamu bilang, aku pasti akan tunggu kamu. Rio, sekarang sudah terlambat. Aku akan menjadi milik orang lain. Itu semua salah kamu!” teriak gista dan pergi

Rio hanya bisa tertunduk sambil menangis melihat gista berlari. Perjuangannya untuk meraih kesuksesan ternyata sia-sia. Perempuan yang dia perjuangkan akan menjadi milik orang lain.
Seminggu kemudian,
Akhirnya, pernikahan gista dan egapun tiba. Gista hanya bisa menahan semua kesedihan di dalam hatinya tanpa bisa berkata apa-apa. Dirinya hanya mengikuti alur kemana kakinya akan melangkah. Tanpa cinta dan kebahagiaan. Ini bukanlah pernikahan yang gista inginkan.
Tetapi gista tak punya pilihan lain. Selain menjalani pernikahan ini dan mencoba untuk mencintai ega lagi. Walau di dalam hatinya selalu tersimpan satu nama yang tak mungkin bisa hilang yaitu rio.


Tamat



*-*


Saya sangat mengapreasikan segala kunjungan , komentar dan kritik pembaca ke Blog CALISTUNG PEMBELAJARAN. Semua itu telah membuat blog Calistung Pembelajara menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan dan berinteraksi.  Semoga bermanfaat.


 *Salam Pendidikan*

*Jadikan sebuah kesalahan menjadi pengalaman*
         


0 Response to "2 Cerita Inspirasi Now"

Posting Komentar