Jika ingin memasang IKLAN di Blog ini bisa Hub : 085693505299


MINAT !! SIKAT !!!

SELAMAT DATANG DI BLOG CALISTUNG PEMBELAJARAN , SEMOGA APA YANG DI BERIKAN CALISTUNG PEMBELAJARAN INI BISA BERMANFAAT...AMIIIN

Pages

Literasi Novel


 Calistung Pembelajaran : B. Indonesia

Kali ini calistung pembelajaran akan membahas tentang literasi.

Pengertian literasi :

literasi secara umum adalah kemampuan individu mengolah dan memahami informasi saat membaca atau menulis


1.1.1. Identitas Novel Only You

  • Judul                : Only You             
  • Nama penulis : Mustika Amalia
  • Penerbit            : PT Bentang Pustaka
  • Tahun Terbit    : 2014
  • Kota terbit     : Yogyakarta
  • Tebal Buku      : vi + 250 Halaman
  • Jenis kertas        : Book paper (kertas buram)
  • Harga     : Rp. 39.100
  • Cover : menurut saya yang  menarik dari cover ini adalah gambar rumahnya dan                                     ada bentuk burung yang terbuat dari kertas origami.

1.1.2. Sinopsis Novel Only You

  Alexandra atau yang sering di panggil Lexa adalah  wanita muda yang baru berumur 24 tahun dengan bakat di bidang fashion Lexa berhasil mengolah  butiknya sendiri yang bernama  butik Georgious. Sukses dalam pencapaian prestasi pribadi ternyata tidak berbanding lurus dengan keluarganya, Karena latar belakang keluarganya berantakan, orang tua Lexa telah bercerai. Karena itu, membuat  Lexa tumbuh menjadi wanita yang mandiri, tapi egois, keras kepala, ambisius dan mantap memutuskan tidak ingin menikah.

  Di sisi lain, ada seorang pengusaha muda, pewaris hotel yang mencintai Lexa setengah mati, yang bernama Galang. Galang merupakan orang yang akan di jidohkan dengan Lexa. Karena ketampanannya, hampir tidak pernah ada wanita yang  menolaknya. Tapi ternyata Lexa berbeda, Lexa sama sekali tidak menyukai Galang. Bahkan Lexa berani terang terangan menyatakan bahwa Lexa tidak mencintai Galang.

  Di  saat Lexa menginginkan sesuatu maka sesuatu itu harus menjadi miliknya . Sehingga saat di sebuah galeri Lexa melihat sebuah lukisan cantik berjudul “Ruang Rindu”, Lexa sangat menginginkan lukisan itu. Baginya, lukisan itu mengambarkan kesunyian hati yang merindu seperti dirinya. Namun, pelukis dan pemilik lukisan itu, yang tak lain adalah Aditya, sama sekali tidak ingin menjualnya. Baginya, lukisan itu sangat berarti karena mengingatkannya pada  seseorang yang Aditya cintai  yaitu mantan kekasihnya yang sudah meninggal,yang bernama Renata.

  Mungkin awalnya Lexa  mengejar lukisan “Ruang Rindu”, namun perlahan berbalik arah menjadi mengejar-ngejar Aditya. Lexa merasakan ada sesuatu dalam diri Aditya yang membuatnya jatuh hati. Sikap Aditya yang angkuh dan dingin tidak menggoyahkan usaha Lexa, Namun setengah mati Lexa mengejar, sepenuh hati pula Aditya menolaknya.  Sekalipun Lexa sudah mencari berbagai cara mendapatkan hatinya bahkan Lexapun  mendekati keluarga Aditya, Aditya tetap menolaknya dengan kasar bahkan sampai menyakiti hati Lexa. Ini karena Aditya masih belum bisa membuka hatinya dari kepergian Renata yang di sebabkan oleh Aditya.  perasaan Aditya terhadap Renata sangatlah tulus dan Aditya sangat mencintai Renata .

  Galang yang melihatnya sangat sedih. Baginya sekarang, tak apalah tidak bisa mendapatkan hati Lexa, asalkan tak ada seorang pun yang menyakiti hati Lexa. Lexa mampu menghilangkan sosok playboy yang berada pada diri Galang . Dengan jujur Lexa mengatakan pada galang bahwa Lexa tidak bisa melupakan persaannya terhadap Aditya membuat Galang berlapang dada menerima kenyataan yang begitu pahit bahwa wanita yang amat dicintai telah mencintai orang lain. 

Beberapa kebetulanpun terjadi seperti butik Lexa tidak jauh dari kantor Aditya, café Aditya dekat dengan butik Lexa dan café aditya merupakan tempat favorit Lexa makan siang, sedangkan pelanggan Lexa yang bernama Sasa merupakan adik dari Aditya yang akan segera menikah. Lexa melakukan berbagai cara agar bisa dekat dengan keluarga Aditya, namun semua usaha yang dilakukannya gagal Aditya tetap menutup hatinya. Lexa terus melangkah dan meninggalkan serpihan hatinya, mulai detik ini Lexa akan belajar mengikhlaskan jalan hidupnya dan yakin akan ada lembaran baru yang lebih indah dipersiapkan untuknya.

1.1.3. Kesan pada saat membaca Novel Only You

 Pada saat membaca novel ini perasaan  saya  sangat kagum kepada Lexa karena ia merupakan wanita yang mandiri dan tidak mudah putus asa untuk mendapatkan apa yang dia mau meskipun harus gagal berkali-kali dan mengikhlaskan seseorang yang amat di cintai karna pada hakekatnya mencintai tidak harus memiliki.
1.2.1.  Identitas Novel 3600 Detik
  • Judul                : 3600 Detik 
  • Nama penulis :Charon
  • Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun Terbit    : 2011
  • Kota terbit     : Jakarta
  • Tebal Buku      : 208 Halaman
  • Jenis kertas      : Book paper (kertas buram)
  • Harga     : Rp. 30.000,-
  • Cover : menurut saya yang menarik itu ada gambar biang lala dan dua remaja yang sedang berbahagia.
1.2.2. Sinopsis Novel 3600 Detik

            Sandra adalah anak yang baik namun, Sandra depresi dan berubah menjadi anak yang nakal karena tidak menerima kenyataan bahwa mama dan papanya bercerai. Hati Sandra semakin sakit ketika papahnya memutuskan bahwa Sandra harus tinggal bersama mamahnya yang selama ini tidak pernah dekat dengan Sandra.  Karena kenakalan,  selalu membuat masalah dan selalu mencari cara agar guru –guru yang mengajarnya tidak tahan dengan sikapnya sehingga  Sandra  dikeluarkan dan selalu berpindah-pindah sekolah, namun di setiap sekolah barunya dia tidak akan bertahan lebih dari 2 minggu. 

Akhirnya sandra tidak lulus Ujian Nasional sampai ia dipindahkan keluar kota setelah kasus pembakaran  ruang olahraga sekolahnya. Menurut mamahnya, mungkin sekolah baru dan suasana baru mampu mengubah perilaku putrinya. Di sekolah barunya Sandra terus mecari cara agar gurunya tidak tahan terhadap sikap Sandra namun ternyata dugaannya melesat pak Dony sangan sabar menghadapi Sandra, karena baginya mengelurkan Sandra dari sekolah sama saja mengikuti keinginan Sandra.

 Sandra bertemu dengan seorang laki-laki yang bernama  Leon. Leon adalah anak yang pintar dan  merupakan Juara Nasional untuk kategori pianis. Pertemuan Sandra dengan Leon membuat Sandra sedikit demi sedikit merubah perilakunya baik terhadap guru maupun orang tuanya bahkan  Sandra mampu bertahan lebih dari 1  bulan di sekolah barunya . Leon sangat berusaha untuk menyelamatkan hidupnya dari penyakit Jantung stadium akhir yang selama ini ia derita karena Leon telah di vonis dokter bahwa Leon hanya mampu bertahan hidup beberapa bulan lagi . kemudian Leon bercerita kepada Sandra mengenai penyakit yang di derita oleh Leon karena Leon menganggap sandralah pembangkit semangat hidupnya. 
Tidak hanya Sandra yang merasakan hidupnya lebih bewarna namun Leon pun merasakannya, mereka berteman sangat akrab. Sandra dan Mamanya tidak pernah akur semenjak perceraian tersebut,dan sampailah pada suatu hari ketika Sandra berulang tahun,sepulang sekolah ia berencana mengajak Leon untuk makan siang tapi ketika pulang sekolah ia mendapat kabar bahwa mamahnya dirawat di Rumah Sakit,akhirnya Sandra dan Leon pergi ke Rumah Sakit. Ketika di Rumah Sakit, Sandra diberitahu oleh mamahnya bahwa Sandra akan tinggal bersama Papahnya setelah ia lulus SMA, Sandra mulai merasa bersalah, Ia merasa telah mempermainkan kesempatan mamahnya untuk dapat dekat dengannya. Setelah kejadian itu,akhirnya Sandra dan Mamanya tidak pernah bertengkar lagi.

            Pada saat pembagian rapot, Sandra sangat senang karena ia mendapat kemajuan yang pesat. Ia tidak mendapatkan nilai merah di rapotnya.Sepulang sekolah Leon memberitahu pada Sandra bahwa Ia harus menjalani operasi minggu depan,Sandra tidak terima,dia tidak terima kalau dia harus kehilangan orang yang ia sayangi untuk kedua kalinya. Operasi ini mempertaruhkan nyawa Leon, Jika operasi berhasil Ia akan sembuh dan bisa melanjutkan Sekolah Kedokteran, namun jika operasi itu gagal itu akan berakibatkan sebaliknya.

            Keesokan harinya, Sandra mengantar Leon pergi ke rumah sakit untuk oprasi. namun Sandra bukan membawa Leon ke rumah sakit melainkan Sandra  menyediakan 3600 Detik miliknya untuk menghabiskan waktu bersama Leon, Ia mengajak Leon ke Taman Bermain, Leon mengutarakan keinginannya bahwa ia ingin hidup normal seperti Sandra.  Di taman rekreasi mereka bersenang-senang dan foto-foto tak lama kemudian Leon mendesah sakit dan sepulang dari taman bermain diperjalanan Leon terlihat memucat , akhirnya Leon segera dibawa ke Rumah Sakit. Operasi pun akhirnya dipercepat 1 minggu, namun sayang Leon meninggal dunia, padahal 3600 detik   yang lalu Leon masih tertawa riang dengan Sandra. 

Tiga hari kemudian,  Sandra menghadiri upacara pemakaman Leon, papah Loen memberikan selembar surat yang dititipkan oleh Leon untuk Sandra. Seusai membaca surat itu air mata Sandra mengalir begitu deras . Setelah pemakaman Leon,  Ayah Leon membantu Sandra mencari tempat kuliah Kedokteran dan sekarang Sandra berkuliah disana. Setahun kemudian Sandra mendatangi makam Leon Sandra membuktikan bahwa dirinya telah berubah dan bercerita bahwa kini dirinya sudah menjadi seorang mahasiswa kedokteran dan semua itu bisa terjadi berkat Leon. 

1.2.3. Kesan pada saat membaca Novel 3600 Detik

  Perasaan saya saat membaca novel ini sangat sedih karena ternyata perceraian antara orang tua dapat mengakibatkan sikap depresi pada anak. Kehadiran Leon membuat alur novel ini lebih seru dan membuat geregetan karna leon harus tetap menjaga kesehatannya untuk tetap bertemu dengan Lexa.

1.3.1.  Identitas Novel Hafalan Shalat Delisa

  • Judul                : Hafalan Shalat Delisa
  • Nama pengarang     : Tere Liye
  • Penerbit            : Republika
  • Tahun Terbit    : 2008
  • Kota terbit     :  Jakarta 
  • Tebal Buku      : v + 266 Halaman
  • Jenis kertas             : Book paper (kertas buram)
  • Harga     : -
  • Cover : Yang menarik dari cover ini yaitu ada gambar Delisa dengan keadaan kakinya yang telah di amputasi menjadi merasa iba dan penasaran untuk membacanya.


1.3.2. Sinopsis Novel Hafalan Shalat Delisa 

Delisa, gadis kecil berusia 6 tahun Delisa adalah seorang anak yang lugu, polos, dan suka bertanya.  Delisa merupakan anak bungsu dari Abi Usman dan Ummi Salamah, Kakak-kakak Delisa bernama Cut Fatimah, Cut Aisyah dan Cut Zahra. Cut Aisyah dan Cut Zahra merupakan saudara kembar Meskipun mereka berdua saudara kembar, tapi mereka mempunyai sifat yang jauh berbeda. Keluarga Abi Usman tinggal di Banda Aceh, tepatnya di Lhok Nga. Abi bekerja di  perusahaan minyak Internasional, Berkeliling dari satu benua ke benua yang lain  membawa minyak mentah. Hanya setiap 3 bulan sekali Abi bisa pulang ke rumahnya dan berkumpul dengan keluarga. Jadi selama Abi tidak ada Umilah yang menjaga Delisa dan kakak-kakanya.

Suatu hari, Delisa mendapat tugas dari Ibu guru Nur untuk menghafal bacaan-bacaan shalat yang akan di praktikkan di depan Ibu Nur tepatnya pada tanggal 24 Desember 2004.  Sebagai motivasi agar delisa bisa menghafal bacaan-bacaan shalat tersebut, Ummi membelikan Delisa sebuah Kalung emas seberat 2 gram berliontin D untuk Delisa yang di beli oleh Ummi di Toko Kok Acan. Delisa sangat seneng, tak sabar ingin mengenakan kalung tersebut. Bu guru Nur  akan memberikan delisa sebuah coklat jika delisa berhasil menghafal bacaan shalat tersebut, Abi juga akan membelikan delisa sebuah hadiah berupa sepedah jika Delisa lulus peraktik shalat.

  Pagi yang cerah tepatnya tanggal 24 Des 2004, Delisa mempraktekan hafalan shalatnya di depan kelas. Tiba-tiba ketika Delisa usai bertakbiratulihram, tanah bergetar dahsyat, menjalar menggetarkan dunia ratus ribuan kilometer. Bumi bagaikan di goyang tangan raksasa, air laut seketika bagai mendidih, tersedot ke dalam rekahan maha luas. Gempa berkekuatan 8,9 SR itu membuat air laut teraduk, Tsunamipun  menyapu daratan, menjadi tangan malaikat pencabut nyawa. Tapi Delisa tetap khusu terus melafadzkan hafalan shalatnya. Namun, terjangan air laut yang sangat kuat menghayutkan semua yang ada, Delisa roboh dan hanyut terbawa air laut.

  Peristiwa itu menewaskan sekitar 3.000 orang yang ada di Banda Aceh, Sumatera Utara dan sekitarnya. Termasuk Ummi Delisa, dan ketiga kakaknya, serta Ibu Guru Nur juga tewas dalam peristiwa itu, untung saja Delisa bisa selamat, karena Ibu Guru Nur sempat mengikat tubuh Delisa di atas papan tulis dengan menggunakan kerudung milik Ibu Nur yang robek. Selama 6 hari Delisa pingsan tak sadarkan diri, dalam pingsannya dia bermimpi bertemu dengan Ummi, Kak Fatimah, Kak Aisyah dan Kak Zahra, yang pergi meninggalkan Delisa tanpa mengajaknya pergi bersama mereka. Sampai akhirnya Delisa sadar, tapi Delisa tidak bisa bergerak, kaki kanannya terjepit di sela-sela dahan semak, tubuh mungilnya terjebak di atas semak belukar. Siku kanan Delisa juga patah, Delisa menggantung terbaring tidak berdaya. 

 
Beberapa hari kemudian, Delisa akhirnya di temukan oleh Prajurit Smith yang kemudian menjadi mu’alaf dan berganti nama menjadi Prajurit Salam. Pancaran cahaya Delisa telah mampu memberikan hidayah pada Prajurit Smith untuk pindah ke Agama Islam. Kemudian Delisa di rawat oleh Suster Shopi dan Kak Ubai, meraka adalah sekarelawan yang berada di atas kapal Angkatan Laut Amerika, mereka menyayangi Delisa. Dalam perawatannya, Delisa tidak sadarkan diri, keadaannya tidak kunjung membaik. Sampai ketika seorang ibu yang dirawat di sebelah Delisa melakukan shalat tahajud, pada bacaan sholat dimana hari itu hafalan sholat Delisa terputus, Delisa pun sadar,namun kaki delisa harus di amputasi, Delisa pun menerima semua kenyataan ini tanpa mengeluh sedikit pun, luka jahitan dan lebam di sekujur tubuhnya tidak membuatnya putus asa, bahkan kondisi itu pun membawa Delisa bertemu dengan Abinya.

Abi Delisa pulang dari Kanada untuk melihat keadaan keluarganya setelah mendengar kabar tsunami di Aceh santer seantore di dunia. Abi sangat sedih melihat keadaan Lhok Nga yang sudah datar, tinggal puing-puing. Kabar telah di kuburkannya Fatimah,Aisyah dan Zahra membuat Abi semakin sedih. Mendengar Delisa masih hidup, Abi merasa masih ada harapan, setidaknya ada Delisa kesedihan Abi berkurang, meskipun belum ada kabar tentang Ummi. 
Setelah bertemu dengan Abi, Delisa pun menceritakan semuanya dengan tenang. Tidak terlihat sebuah penyesalan dan pembangkangan, dari kakinya yang sudah di amputasi, tangannya yang patah, kepalanya yang botak karena luka, dan giginya yang tinggal dua. Abi tidak menyangka Delisa lebih kuat menerima semuanya, menerima takdir yang telah di gariskan oleh ALLAH.

  Beberapa bulan pasca tsunami, Delisa sudah bisa menerima keadaan yang sangat pahit itu, dia memulai kembali kehidupan dari awal bersama Abinya. Hidup di posko-posko yang di dirikan sukarelawan lokal maupun sukarelawan asing. Hidup dengan orang-orang yang senasib, mereka korban tsunami yang kehilangan keluarga, sahabat, teman dan orang-orang terdekat. Waktu pun berlalu, Delisa mulai masuk sekolah kembali. Sekolah yang di buka oleh tenaga sukarelawan. Dan tugas yang di anggap berat berikutnya bagi Delisa adalah mengembalikan hafalan shalatnya. Hafalan shalatnya hilang begitu saja, namun becana yang melanda Aceh tersebut membuat Delisa lebih dewasa, lebih memahami makna ikhlas. Ikhlas untuk menerima keadaan, dan yang terpenting ikhlas untuk menghafal bacaan shalatnya. Delisa sadar bahwa selama ini dia berusaha menghafal bacaan shalat bukan karena Allah Swt.  Delisa tidak tulus, tapi semata-mata hanya karena ingin mendapatkan sebatang coklat dari bu Guru Nur, sebuah kalung berliontin D untuk Delisa dari Umi dan untuk mendapatkan sepeda dari Abi. 

  Ketika Delisa sedang tidur, dia bermimpi bertemu dengan Umminya, yang menunjukan kalung milik Delisa itu dan meminta Delisa untuk menyelesaikan kembali hafalan bacaan shalatnya yang sempat hilang dari ingatannya. Mimpi tersebut ternyata memberi kekuatan kepada Delisa yang membawa dia pada kemudahan untuk menghafal kembali bacaan shalat tersebut. Akhirnya Delisa mampu melakukan Shalat Asharnya dengan sempurna untuk pertama kalinya, tanpa ada yang telupa dan terbalik dari bacaan shalatnya karena ALLAH.

  Sore itu, Sabtu, 21 Mei 2005, setelah shalat Ashar, ketika Delisa sedang mencuci tangan di tepi sungai, Delisa melihat pantulan cahaya matahari senja dari sebuah benda yang terjuntai di semak belukar, berada di seberangan sungai. Mendadak hati Delisa gentar. Delisa berkata “ Ya ALLAH, bukankah itu seuntai kalung?” , ternyata Delisa benar, benda itu adalah sebuah kalung yanh indah, kalung yang berliontin huruf D untuk Delisa. Delisa yakin, kalung itu adalah kalung yang dibelinya di toko Koh Acan bersama Umi, kalung untuk hadiah hafalan shalatnya. 

  Yang membuat Delisa bertambah terkejut, kalung itu ternyata bukan tersangkut di dedahanan, tidak juga tersangkut di dedaunan. Tetapi kalung itu tersangkut di tangan, tangan yang sudah menjadi kerangka, sempurna kerangka manusia, putih tulang-belulang, utuh bersandarkan semak belukar tersebut. Tangan itu adalah jasad tangan Ummi yang sudah 3 bulan lebih menggenggam kalung emas seberat 2 gram berliontin huruf D, D untuk Delisa. Delisa pun mendesis lemah, detik berikutnya ia jatuh terjembab ke dalam sejuknya air sungai. Delisa buncah oleh sejuta persaan itu. 
1.3.3. Kesan pada saat membaca Novel Hafalan Shalat Delisa
            Kesan saya pada saat membaca novel ini sangat terharu terkadang sampai saya menangis karena anak seusia Delisa sudah mendapatkan cobaan yang begitu berat. Tapi sayang termotivasi oleh delisa, lakukan sesuatu dengan ikhlas maka kita akan mendapatkannya dengan mudah.

1.4.1.  Identitas Novel Danur

  • Judul                        : Danur ( Bau busuk yang berasal dari mayat)
  • Nama pengarang      : Risa Saraswati
  • Penerbit            : Bukune
  • Tahun Terbit    : 2017
  • Kota terbit     :  Jakarta
  • Tebal Buku      : 224 Halaman
  • Jenis kertas              : Book paper (kertas buram)
  • •Harga     : -
  • Cover : yang menarik dari cover ini karena ada gambar Asih dan sahabat-sahabat  Risa sehingga  membuat penasaran inggin membacanya.


1.4.2.  Sinopsis Novel Danur

Risa Saraswati adalah Seorang musisi yang mempunyai indra ke-6 atau yang disebut sebagai indigo.  Novel ini  menceritakan tentang persahabatan Risa dan kelima sahabatnya yang berbeda dimensi lain.  Awal pertemanan mereka saat Risa yang saat itu masih kelas 5 SD, dia baru saja pindah dari desa ke kota Bandung. Risa tinggal bersama nenek dan sepupunya di sebuah rumah peninggalan Belanda. Di rumah inilah Risa memulai persahabatannya dengan lima anak hantu Belanda yang bernama Peter, Hans, Hendrick, William dan Janhsen. Risa mempunyai kelebihan bisa melihat mahluk ghaib. Kelima sahabatnya laki-laki semua sedangkan ia perempuan.
           
Mereka membawa kebahagiaan dan keceriaan dalam hidup Risa. Risa berusaha menjadi pendengar yang baik untuk kelima sahabat hantunya. Kebanyakan dari mereka bercerita tentang kesedihan yang dibuat oleh penjajah Jepang. Suatu saat persahabatan Risa sedang diuji. Risa yang ketika itu masih kecil. Membuat janji terhadap Peter. Risa berjanji mengakhiri hidupnya agar bisa hidup selamanya bersama kelima sahabat hantunya. Tapi usaha yang di lakukan Risa selalu gagal.

Risa pun menyesal karena telah melanggar janji yang dia buat bersama Peter. Akibatnya, Peterpun marah besar dan mengajak empat sahabat Risa pergi meninggalkan Risa dan merekapun tak pernah muncul lagi dihidup Risa selama belasan tahun. Selama ditinggal kelima sahabat hantunya, Risa encoba menyibukan dirinya dengan kehidupan nyatanya. Tapi tak jarang Risa bertemu dengan sahabat – sahabat hantu lainnya seperti Samantha, Ardiah, Teddy, Edwin, Jane, Sarah, Elizabeth dan Kasih. Tak sedikit dari mereka meminta bantuan kepada Risa untuk menemukan keluarga ataupun kekasih yang mereka cari. Sesungguhnya Risa sangat rindu terhadap kelima sahabat kecil hantunya itu.

Hingga Risa dewasa  kelima sahabatnya itu tidak pernah menapakkan batang hidungnya lagi. Sampai saat itu tiba, ketika Risa sedang rekaman lagu untuk albumnya. Kelima sahabat Risa muncul dan memberikan Risa dukungan. Kini kemanapun Risa bernyanyi dan pergi selalu ditemani kelima sahabatnya meski kini Risa bukan anak kecil seusia mereka namun kebersamaan, canda dan tawa mereka tak perna pudar.

1.4.3. Kesan pada saat membaca Novel Danur

Kesan pada saat membaca novel ini awalnya saya sangat takut dan berfikiran untuk tidak melanjutkan membaca novel ini namun setelah saya mendengar cerita teman saya bahwa novel ini seru jadi saya membacanya. Saya kagum dengan Risa meski berbeda alam dengan 5 sahabatnya namun tetap bersahabat. Bahkan risa juga menolong hantu-hantu lainnya.
1.5.1.  Identitas Novel Senja, Hujan dan Cerita Yang Telah Usai

  • Judul                : Senja, Hujan dan Cerita yang Telah Usai
  • Nama pengarang     : Boy Candra
  • Penerbit                   : Media Kita
  • Tahun Terbit    : 2015
  • Kota terbit     :  Jakarta
  • Tebal Buku            : 239 Halaman
  • Jenis kertas        : Paper book
  • Harga                    : Rp. 46.000,-
  • Cover : Di bagian cover ini terdapat  rinai hujan yang turun, cukup sederhana                                          namun menarik.     


1.5.2. Sinopsis Novel  Senja, Hujan dan Cerita Yang Telah Usai

Boy Candra adalah seorang penulis novel, novel ini merupakan  berdasarkan kenyataan hidupnya.  Cerita mengenai percintaan seorang pemuda.  Percintaan yang menyimpan banyak rahasia.  Ia mencintai seseorang tetapi tak berani untuk mengungkapkan , berkali kali ia mencoba untuk mengungkapkannya namun tetap saja usahanya gagal. hingga akhirnya orang yang Ia cintai pergi bersama orang lain.  Ia berusaha untuk mengikhlaskannya dan menjadikannya sebagai pelajaran hidupnya, karna pada dasarnya mencintai tidak harus memiliki.   Ia belajar menata dan memperbaiki hidupnya agar hal-hal yang pernah terjadi tidak terulang lagi.

1.5.3.  Kesan pada saat membaca Novel Senja, Hujan dan Cerita Yang Telah Usai

Saya senang saat membaca novel ini karena banyak kata kata bijaknya karena saya termasuk orang  yang gemar membaca kata-kata bijak. Meski saya tidak terlalu mengerti alur ceritanya karena kebanyakan kata-kata bijaknya dari pada tentang alur si pemuda yang menyimpan banyak rahasia mengenai percintaannya.
1.6.1.  Identitas Novel Magic Hour

  • Judul                   : Magic Hour
  • Nama pengarang   : Tisa TS dan Stanley meulen 
  • Penerbit            : Loveable
  • Tahun Terbit    : 2015
  • Kota terbit        : Jakarta 
  • Tebal Buku      : 236 Halaman
  • Jenis kertas           : Book paper (kertas buram)
  • Harga               : -
  • Cover : Pada cover ini terdapat 2 remaja yang memejamkan mata dan magic hour                                    yang membuat semakin menarik.


1.6.2.  Sinopsis Novel Magic Hour

Novel ini menceritakan tentang seorang gadis yang sangat mencintai hujan namanya Raina atau biasa disebut Rain,  Rain adalah anak panti asuhan yang diangkat anak oleh Tante Flora, ibu Gwenny. Raina dan Gwenny adalah saudara tiri meski begitu mereka sangat akrab, sudah seperti sahabat bahkan saudara kandung. Raina berkerja di toko bunga milik ibu Gwenny.Suatu hari, Tante Flora meminta Gwenny untuk bertemu dengan Dimas. Ia ingin menjodohkan Gwenny dengan Dimas yang merupakan anak dari sahabatnya semasa SMA, yaitu Tante Cindy. Gwenny merasa keberatan dijodohkan dan menganggap ibunya atas perjodohan ini. Gwenny meminta raina berpura-pura menjadi dirinya.
Awalnya Raina enggan menuruti permintaan Gwenny, apalagi dia sempat mengalami kecelakaan saat akan menemui laki-laki  itu. Tapi Raina mengiyakan keinginan Gwenny, ternyata setelah Raina bertemu dengan Dimas, Raina merasakan sesuatu yaitu momen dimana penuh keajaiban seperti magic hour yang mampu melepas semua rasa kesedihannya. Seiring berjalanan waktu mereka saling mencintai satu sama lain.Tapi cinta Raina terhadap Dimas, justru membuatnya bimbang, karena ada cinta lain menantinya sejak kecil cinta sahabatnya, Toby. Toby sendiri senantiasa menjadi sosok malaikat pelindung bagi Raina. Raina tak ingin kehilangan Toby. Lagi lagi cinta Raina harus dihadapkan dengan pilihan antara cinta atau persahabatan. Tapi Dimas juga bukan orang yang tepat untuknya karena Dimas sudah di jodohkan oleh saudara tirinya yaitu Gwenny.
Namun cinta bukanlah cinta jika tidak melalui sebuah ujian. Begitu juga cinta Raina dan Dimas. Semakin mereka berjuang menyatukan cinta, semakin banyak tragedi yang memisahkan. Hingga sebuah rahasia terkuak, dimana Raina menemui kenyataan jika Dimas penyebab kecelakaan yang terjadi pada dirinya. Kecelakaan yang merenggut hal terpenting yang ia miliki yaitu penglihatannya.  Dimas berinisiatif  mendonorkan matanya untuk Raina, karena bagi Dimas Rainalah segala-galanya ia tak tega bila harus melihat Raina menderita.  Selama raina berada di rumah sakit kembaran Dimaslah yang slalu menemani Raina, karna Dimas sakit parah. 
Dimas telah menyiapkan novel untuk Raina dan juga video agar ketika Dimas sudah tak lagi bersamanya Raina tetap bisa melihat Dimas.  Sampai di suatu hari Raina dapat melihat kembali. Kemudian ia menghabiskan waktu bersama Dimas namun Raina merasa ada banyak sekali hal yang berubah pada Dimas. Samapai akhirnya kembaran Dimas menceritakan semuanya kepada Raina dan memberikan kotak yang berisi novel serta handycam yang di dalamnya terdapat video Dimas. Raina menangis menyadari bahwa mata yang kini membantunya melihat adalah mata seseorang yang amat ia cintai dan kini Raina telah kehilangannya. Terkadang kita harus melalui kegelapan untuk menghargai indahnya cahaya. Magic hour, satu cinta untuk selamanya.

1.6.3.  Kesan pada saat membaca Novel Magic Hour

Kesan saya pada saat membaca novel merasa senang karena menurut saya novel ini asik. Mengajak kita memahami keindahan dari magic hour dan sabar dalam menghadapi cobaan apapun.

1.7.1.  Identitas Novel Ada Cinta di SMA

  1. Judul                        : Ada Cinta di SMA ‘’CJR’’
  2. Nama pengarang     : Haqi Achmad
  3. Penerbit                   : Gagas Media
  4. Tahun Terbit    : 2016
  5. Kota terbit     : Jakarta 
  6. Tebal Buku      : 250 Halaman
  7. Jenis kertas        : Book paper (kertas buram)
  8. Harga     : Rp. 67.000,-
  9. Cover : Di cover ini terdapat beberapa anak remaja yang mengguanakan seragam                                    putih abu dan covernya dominan berwarna abu-abu.

1.7.2.  Sinopsis Novel Ada Cinta di SMA

Iqbal Terlahir sebagai anak ke-5 dari 8 bersaudara membuat Iqbal selalu menjadi bahan ledekan di rumah. Ayah dan kakak-kakaknya sering  meragukan dan menyindir setiap hal yang Iqbal lakukan.Tak hanya di rumah, di sekolah pun Iqbal harus mengalami kondisi serupa. Sebagai murid berprestasi, Ayla selalu menggagap Iqbal sebagai biang onar. Dilatarbelakangi keinginan untuk mengubah keadaan, Iqbal pun siap bertarung melawan Ayla dalam memperebutkan jabatan Ketua OSIS yang sebentar lagi akan dilaksanakan oleh Kiki dan rekan-rekan OSIS. Pasalnya, Iqbal begitu mengagumi sosok Kiki yang dinilainya begitu bijaksana, dewasa dan bertanggung jawab. Itu sebab, Iqbal ingin mengikuti jejak Kiki. Selain itu juga iqbal mencalonkan diri sebagai kandidat ketua OSIS karena kiki telah berjanji jika iqbal mencalonkan diri menjadi kandidat ketua OSIS maka Kiki akan bergabung dengan Band Iqbal.
  keputusan Iqbal mencalonkan diri sebagai kandidat ketua OSIS ditentang banyak orang, termasuk oleh sahabat dan rekannya di band, yaitu  Aldi.  Hanya Ibu  dan Pak Oding, si penjaga sekolah yang selalu percaya dan mendukung penuh perjuangan Iqbal untuk menjadi sosok yang lebih baik lagi.Perjalanan Iqbal dan Ayla memperebutkan posisi sebagai pemimpin nomor satu di sekolah semakin memperuncing perseteruan di antara keduanya yang ternyata telah berlansung sejak kecil. 
Seminggu selama masa kampanye dan mempromosikan diri mereka banyak sekali hal yang terjadi. Tara yang merupakan tim sukses Alya selalu berusaha dengan berbagai macam cara agar Ayla terpilih menjadi ketua OSIS, sampai sampai cara yang membuat Ayla ragu untuk melakukannya pun Tara lakukan yaitu merubah penampilan Ayla yang awalnya terliat tomboy menjadi wanitia yang feminim. Sehingga membuat Sandra dan kawan-kawan tercengang dengan penampilan Ayla yang sangat cantik. 

Bukan hanya Tara yang merupakan tim sukses Ayla, tetapi Aldi yang merupakan tim sukses Iqbal pun melakukan hal yang sama dengan cara yang berbeda. Mulai dari membuat akun di social media untuk membuat murid tertarik kepada Iqbal sampai cara yang sangat fatal dan membuat Iqbal marah besar kepada Aldi. Yaitu, pertama Aldi memberikan uang kepada murid yang mau mendukung Iqbal sampai mencuri program kerja Ayla lawan Iqbal dalam pemilihan kandidat ketua OSIS. Bagi Iqbal bukan seperti itu cara untuk memenangkannya, karena itu membuat Ayla semakin menjauh bahkan semakin membuat Ayla membenci Iqbal. Setelah kejadian itu Aldi sadar bahwa yang ia lakukan sangatlah tidak baik.

Pemilihan ketua OSIS pun dimulai, Iqbal dan Ayla sedang menungg hasilnya. Keluarga Iqbal dan Ayla pun ikut menghadiri acara pemilihan ketua OSIS. Tiba saatnya dan ternyata yang terpilih menjadi ketua OSIS adalah Ayla Dara Anggita. Hanya berbeda satu point dengan hasil yang Iqbal peroleh. Tetapi, Iqbal tetap merasa senang setidaknya ia telah bisa membuat keluargnya yang selalu meremehkan apa yang Iqbal lakukan itu ternyata salah. Ayah Iqbal sangat bangga padanya, sampai membuat Ayah nya terharu. Akhirnya Iqbal bisa membuat keluargnya bangga dengan apa yang telah Iqbal lakukan.

Tidak hanya keluarganya yang sudah tidak memandang Iqbal sebelah mata, tetapi sahabat, teman bahkan Ayla sekalipun sekarang sudah tak meremehkannya. Sejak itu pula hubungan Iqbal dan Ayla pun terjalin seperti dulu kembali, mereka bersama kembali bahkan sekarang mereka telah menjalin hubungan yang lebih serius lebih tepatnya ‘pacaran’. Bukan hanya Iqbal dan Ayla, tetapi Aldi pun sama hal nya setelah Tara menegur Aldi yang telah melakukan hal yang tidak baik dan membuat Aldi sadar. Sekarang hubungan mereka pun sama Iqbal dan Ayla. Tidak di sangka-sangka pula, Kiki sang ‘matan’ ketua OSIS sekarang telah menjalin hubungan dengan perempuan cantik yang selama ini ia kagumi yaitu Bella. Dan sekarang Kiki pun telah bergabung bersama group band Aldi dan Iqbal.


1.7.3.  Kesan pada saat membaca Novel Ada Cinta di SMA

Kesan saya pada saat membaca novel ini sangat asik dan seru. Karna memang kisah ini mengenai remaja-remaja masa kini yang bersekolah di SMA. Saya sangat suka dengan novel ini karena pemeran utamanya adalah Iqbal, dan memotifasi agar menjadi orang yang lebih baik lagi meski banyak orang yang  mengacuhkannya.


1.8.1 . Identitas Novel Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang

  • Judul novel      : Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang
  • Pengarang        : Boy Candra
  • Penerbit           : Media Kita
  • Tahun terbit     : 2015
  • Kota terbit       : Jakarta 
  • Tebal buku       : 218 hal
  • Jenis kertas : Book paper (kertas buram)
  • Harga             : -
  • Cover : Dominan coklat dengan gambar hati Pendek untuk Cinta yang Panjang


1.8.2  Sinopsis Novel Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang

Boy candra adalah seorang penulis novel, novel ini menceritakan kisah nyata perjalanan cinta Boy , berisi tentang perasan Boy kepada seorang wanita tetapi Boy takut perasaan cintanya tak terbalas. Kemudian setelah boy memberanikan diri untuk menembak wanita itu, salah satu dari jawabannya adalah wanita itu sudah memiliki kekasih. Boy pun menyesal karna ia merasa terlambat menyatakan rasanya pada wanita tersebut. Diam-diam Boy memperhatikan wanita pujaannya itu selama berbulan-bulan, yang sebenarnya wanita itu sudah memiliki pasangan. Boy seperti sudah sangat terpikat pada wanita itu. sampai-sampai Boy merasa hanya mencintai wanita itu saja adalah hal yang istimewa. Hingga akhirnya Boy pun tahu jika wanita itu sudah putus dengan kekasihnya. Dan boy memberanikan diri untuk mulai chatting dengannya.
Selang beberapa minggu Boy dengan wanita itu semakin dekat, hal itu tidak pernah terpikirkan oleh Boy Dan akhirnya Boy menjadi kekasihnya. Sebelumnya Boy tidak berfikir dapat menjadi kekasihnya secepat itu, karena sebelumnya mereka hanya sebangai teman, lalu sahabat, kemudian mereka sepakat untuk menyebut hubungan mereka sebagai kekasih. Beberapa bulan pacaran mulai datang masalah-masalah dalam hubungan mereka hanya karena tidak sependapat satu samalain. Sebenarnya mereka hanya perlu saling belajar menghargai pola pikir mereka. Akhirnya perdebatan sepasang kekasih telah berakhir. Mereka tidak perlu saling menyalahkan dan juga tidak perlu mencari siapa yang salah karena sejatinya dalam hubungan asmara perbedaan adalah hal yang wajar.
Lama kelamaan Boy pun mulai berfikir bukan dengan wanita itu saja ia dapat merasa bahagia ia mulai bosan dengan wanita itu, Boy memutuskan untuk putus dengan wanita itu. Boy mencoba untuk melupakan wanita itu. sesekali Boy ingat perjuangannya untuk mendapatkan wanita itu dulu. Sulitnya mendapatkan wanita itu dulu hanya berakhir dan meninggalkan kata patah hati yang sakitnya tersimpan di hati Boy.‘’Pada akhirnya kamu hanya perlu mensyukuri apapun yang yang kamu miliki hari ini. Walaupun yang kamu tunggu tak pernah datang, walau yang kau perjuangkan tak pernah sadar dengan apa yang kamu lakukan. Nikmati saja kelak, dia yang kamu cintai akan tahu betapa kerasnya kamu memperjuangkannya’’.

1.8.3  Kesan pada saat membaca Novel Catatan Pendek untuk Cerita yang   Panjang

Kesan saya pada saat membaca novel ini merasa terhibur karena banyak kata-kata bijaknya, selain itu juga mengajarkan saya untuk lebih bersyukur apapun yang saya miliki saat ini.

1.9.1.  Identitas Novel Surga Yang Tak Dirindukan 

  • Judul :  Surga Yang Tak Dirindukan
  • Nama penulis :  Asma Nadia
  • Penerbit           :  AsmaNadia Publishing House
  • Kota Terbit :  Depok
  • Tahun terbit :  2014
  • Tebal novel :  308 Halaman
  • Jenis kertas :  Book paper (kertas buram)
  • Harga novel : -
  • Cover : Dalam cover ini  terdapan dua orang perempuan dan satu orang laki-laki.  laki-laki itu berperan sebagai Andika Prasetya, wanita yang di belakang laki- laki itu berperan sebagai Tak dirindukan Rose dan wanita satu lagi itu berperan sebagai Arini. 


1.9.2. Sinopsis

Novel Surga Yang Tak Dirindukan ini menceritakan tentang kehidupan rumah tangga seorang gadis yang selalu menghayalkan kehidupan dalam cerita dongeng. Pada akhirnya ceritanya akan selalu hidup behagia tetapi dalam kehidupan nyata justru berbanding terbalik dengan khayalan tersebut. Kisah ini berawal dari kisah gadis yang bernama Arini. Dia tau bahwa kelak akan ada seorang lelaki tampan yang melamarnya dan mereka berdua akan hidup bahagia bersama selamanya. Suatu hari Arini menikah dengan laki-laki bernama Andika Prasetya.Kehidupan Arini dan suaminya berjalan dengan mulus, dalam pernikahannya merek dikaruniai 3 orang anak yaitu Nadia, Adam dan Putri.

Pada suatu hari, saat Pras sedang diperjalanan dan akan menuju ke tempat kerja, Pras melihat ada mobil yang terjatuh kedalam jurang. Prass kaget karena yang berada dalam mobil itu adalah seorang perempuan.Pras mencoba menolong perempuan yang ada di mobil itu dan prass membawa perempuan itu kerumah sakit.Ternyata perempuan itu mencoba bunuh diri karena kehamilannya diluar pernikahan. Pras bertambah panik ketika dokter menyuruh untuk mentandatangani sebuah surat yang menyatakan bahwa perempuan tersebut harus dioperasi cessar, karena mengalami pendarahan. Kemudian Pras bersedia untuk menandatangani surat itu. Setelah perempuan itu dioperasi Pras merasa lega.Kemudian perempuan itu terbangun akhirnya keduanya saling berkenalan dan perempuan tersebut bernama May Rose.Setelah beberapa hari dirawat diRumah Sakit, Pras memberikan perhatian lebih kepada May Rose dan juga anaknya.Dan May Rose pun merasa nyaman, sehingga diapun tidak meninginkan ada perpisahan diantara mereka.
Pada suatu hari May Rose mencoba untuk bunuh diri lagi, karena takut untuk menjalani kehidupannya kedepan dan malu karena anak yang dilahirkannya tidak memiliki seirang arah, tetapi untung saja Pras datang dan mencegah May Rose, karena Pras berfikir jangan sampai anak yang dilahirkan May Rose senasib dengan dirinya,  akhirnya Pras pun menikahinya tanpa memberitahukan hal ini kepada Arini.
Lama kelamaan Arini merasa bahwa sekarang sikap Pras berbeda karena kasih sayang dan perhatiannya mulai berubah kepada keluarganya. Dan pada suatu hari Arini menemukan surat dari Rumah Sakit tempat Pras memeriksakan anak May Rose. Kemudian Arini pun mendatangi Rumah Sakit tersebut dan menanyakan nomor telephone dari pasien tersebut.
Setelah itu Arini menelphone nomor tersebut, Arini terkejut karena yang mengangkat telephonnya adalah seorang perempuan dan menyebut dirinya sebagai 
“Nyonya Prasetya”. Kemudian Arini mendatangi Pras ke kantor, namun di tengah perjalanan Arini melihat Pras sedang mencium kening seorang perempuan dan mengusap kepala anak kecil yang berada disampingnya. Setelah itu Arini pergi meninggalkan tempat itu untuk pergi kerumah orang tuanya dan membawa ketiga anaknya.Disana Arini menceritakansemua yang terjadi kepada ibunya.

Pada suatu hari, Arini mendatangi rumah May Rose  dan May Rose pun terkejut dengan kedatangan Arini kerumahnya. Aini sangat marah kepada May Rose dan Pras suaminya itu.Dan ketika itu Pras datang dan terkejut dengan adanya Arini, akhirnya Arini pergi kerumahnya dan Pras mengejar Arini.Sampainya dirumah Pras mencoba menjelaskan semuanya kepada Arini tetapi Arini tidak mau mendengarkannya. Arini meminta cerai tet api Pras tidak mau menceraikan Arini. Akhirnya Arini pulang kerumah orang tuanya untuk menenangkan pikirannya.Setelah dua minggu lebih Arini baru menerima semuanya, terbukalah pintu hati Arini untuk memaafkan Pras dan May Rose dan Arini pun memahami keadaan May Rose.
1.9.3 Kesan pada saat membaca Surga yang Tak Dirindukan 
Novel Surga Yang Tak Dirindukan ini sangat menarik untuk dibaca. Alur ceritanya menarik dan konflik batin yang ada di cerita ini membuat pembaca terharu dan ikut merasakannya. Isi novelnya juga mudah difahami karena bahasa yang digunakan sederhana dan Ceritanya tidak membosakan untuk dibaca.

1.10.1. Identitas Novel I Love You From 38.000 FT

  • Judul                  : I Love You From 38.000 FT
  • Nama penulis     : Tisa TS dan Stanley meulen
  • Penerbit             : Loveable
  • Tahun terbit        : 2016
  • Kota terbit         : Jakarta
  • Jumlah halaman : 204 halaman
  • Jenis kerta : Book paper (kertas buram)
  • Harga buku         : -
  • Cover                 : Dicover ini terdapat satu laki-laki dan satu perempuan, Laki-laki itu                                            berperan sebagai  Aletta dan warnanya sangat menarik.


1.10.2. Sinopsis Novel I Love You From 38.000 FT

Novel ini menceritakan tentang seorang wanita yang bernama Aletta, Aletta adalah seorang perempuan yang sangat cantik, Aletta adalah orang yang ceria dan sangat suka petualang.Tetapi Aletta tidak memiliki kekeasih.
Pada suatu hari Arletta pergi berlibur ke bali sendirian,tapi tepatnya Aletta bukan berlibur tetapi melarikan diri karena rletta akan dijodohkan oleh orang tuanya. Dalam perjalanan ketika sedang berada di pesawat Aletta bertemu dengan seorang laki-laki yang alay dan selalu menggangu Aletta. Tapi akhirnya ada laki-laki yang mengaku bahwa dia  adalah kekasih Aletta. Dan akhirnya si laki-laki alay itu pergi. Aletta akhirnya sedikit lega karena tidak ada lagi yang menggangunya, dan laki-laki yang menlongnya duduk di sebelahnya saat pesawat itu terbang.
Sejak kejadian di pesawat itu Aletta tertarik dengan laki-laki itu.Laki-laki tersebut bernama Arga, Arga adalah seorang sutradara dalam acara Geografhy Chanel.Arga pergi ke Bali dengan tujuan untuk melakukan syuting acaranya, tapi pada saat itu mendadak host yang lama tidak bisa datang dikarenakan sakit. Aletta yang tahu bahwa Arga sedang membutuhkan seorang host datang keperusaan tempat Arga bekerja dan menawarkan diri menjadi host dalam acara televisi mereka. Aletta awalnya tidak diterima oleh Johan untuk menjadi acara mereka karena menurutnya Aletta tidak sedikitpun pantas untuk menjadi seorang host. Namun, teman-teman Arga yang lain yaitu Rimba dan Bugy menerima Aletta untuk menjadi host dalam acara mereka.
Semenjak kejadian di pesawat dan kejadian Aletta melamar menjadi host hubungan Aletta dan Arga menjadi dekat.Banyak kejadian-kejadian yang telah mereka lewati. Pada suatu hari Aletta pulang kermahnya dan Arga bilang Arga akan menyusul Aletta ke Jakarta pada saat hari ulang tahunnya.
Tepat pada hari ulang tahun Aletta, Aletta ,menunggu seseorang yang sangat special yaitu Arga, sebelumnya Aletta telah membuka kotak hadiah yang telah diberikan oleh Arga sebelum Aletta pkembali ke Jakarta. Kotak hadiah itu berisi sebuah botol kecil yang sangat unik dan botol itu di bungkus kertas bertuliskan I LOVE YOU.Dan ada sebuah puisi yang ditulis oleh Arga.Aletta menunggu kedatangan Arga, tapi Arga tak kunjung datang.
Pada saat menuju ke Jakarta pesawat yang ditumpangi oleh Arga mengalami kecelakaan, pada saat kejadian itu Arga selamat.tetapiArga tidak menemui Aletta, padahal Arga tau bahwa Aletta sedang menunggunya
Satu tahun berlalu Arga tak kunjung menemui Aletta dan akhirnya Aletta memutuskan untuk menikah dengan laki-laki yang dulu di jodohkan oleh orang tuanya yaitu Dhito. Tapi ketika Ditho akan mengucapkan ijab qabul Dhito membatalkan pernikahannya karena Dhito melihat sosok Arga. Ditho sadar bahwa Aletta sangat encintai Arga dan Ditho merelakan Aletta bersama Arga.Ditho berkata kepada Aletta bahwa Arga sedang ada disini akhirnya Aletta mencari Arga dan akhirnya Aletta menemukan Arga. Arga menjelaskan kepada Aletta kenapa dia tidak menepati janjinya untuk menemui Aletta karena Dithobtau bahwa Aletta akan segera menikah. Tapi sekarang Aletta tidak jadi menikah.Arga dan Aletta akhirnya bersama kembali.

1.10.3. Kesan pada saat membaca I Love You From 38.000 FT

Novel ini sangat menarik dan novel ini tidak membosankan untuk dibaca, novel ini memiliki bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami. Novel ini membuat pembaca tersenyum dan tertawa saat membaca ceritanya.Konflik dari novel inipun tidak terlalu rumit.Peran Aletta dan Arga membuat pembaca jadi baper. Alur ceritanya juga sangat menarik.
1.11.1. Identitas Novel Dear Nathan

Judul                      : Dear Nathan
Nama penulis         : Erisca Febriani
Penerbit                 : Best Media
Tahun terbit            : 2016
Kota terbit             : Jakarta
Jumlah halaman : 532 halaman
Jenis kerta : Book paper (kertas buram)
Harga buku            : Rp. 79.200
Cover                    : Dicover ini dominan berwarna Putih, tulisan dear natahan dengan Warna ungu  
                                 yang tertulis dari bulu  Sangatlah unik dan menarik.

1.11.2. Sinopsis Novel Dear Nathan

Nathan merupakan salah satu siswa yang sering membuat keributan di sekolah, sedangkan Salma adalah gadis polos dan lugu. Salma memiliki 2 orang sahabat yang bernama Afifah dan Rahma. Berawal dari keterlambatan mengikuti upacara pertama di sekolah baru, Salma Alvira bertemu dengan seorang laki-laki yang membantunya menyelusup lewat gerbang samping. Beberapa rangkaian kejadianpun terjadi, yang justru mengantarkan Salma untuk menjadi kian lebih dekat dengna Nathan. Dua kepribadian yang saling bertolak belakang, seperti langit dan bumi; yang tidak bisa bersatu tapi saling melengkapi.

  Nathan mencari cara agar bisa dekat dengan Salma mulai dari membawakan makanan favorit Salma, membawa Salma ke UKS saat salma terkena bola basket  hingga menunggu Salma selesai kumpulan OSIS. Diam-diam selama beberapa hari ternyata Salma sering chatting dengan Nathan tanpa sepengetahuan Afifah dan Rahma hingga Semakin hari hubungan antara Nathan dan Salma semakin dekat. Setelah Afifah mengetahui kedekatan Nthan dan Salma Afifah langsung memperingati kepada Salma bahwa salma tidak boleh memiliki hubungan dengan Nathan karena apa bila itu terjadi bisa membahayakan Salma. Lain halnya dengan Rahma karena Rahma sangat mendukung hubungan Nathan dan Salma.

Hingga suatu hari Salma pulang sekolah di antarkan oleh Nathan kemudian mamah Salma mempergokinya ternyata mamah Salma menyukai Nathan karena baginya Nathan mirip dengan Rio Dewanto. Keesokan harinya Nathan membawa Salma ke rumah sakit jiwa, karena memang mamah Nathan mengalami gangguan kejiwaan saat mengetahui Daniel yang merupakann kembaran Nathan telah meninggal. Sudah sekian lama mamah Nathan memanggil Nathan dengan sebitan Daniel, Nathan tidak keberatan baginya kesembuhan mamahnya itu sangat penting hingga ia tidak beani untuk memberitahukan yang sebenarnya.
Salma yang tidak paham akan hal itu menanyakannya kepada Nathan, kemudian Nathan membawa Salma ke sebuah gudang Nathan menceritakan semuanya kepada Salma bahwa yang sebenanya terjadi adalah suatu hari Nathan mempunyai musuh para pereman natahan janjian untuk bertemu di gudang itu namun yang datang pada saat itu adalah Daniel dan para pereman itu salah sasaran mereka malah menghabisi Daniel kemudian Nathan datang namun sayang nyawa Daniel sudah tidak tertolong lagi. Itu alasan mengapa alasan Nathan selalu rebut, karna sebenarnya Nathan melakukan itu hanya kepada orang-orang yang memiliki sifat arogan saja.

Setelah memberitahu kepada Salma apa yang terjadi sebenarnya Nathan mengajak Salma untuk bertemu dengan mamahnya, mamah Nathan menyukai Sikap Salma yang sopan dan anggun. Nathan telah berjanji kepada Salma bahwa Nathan akan mengakui siapa sebenanya dirinya kepada mamahnya dan ia siap menerima resikonya. Keesokan harinya Nathan menemuin mamahnya dan menceritakan semuanya namun mamah Nathan tidak menerima hal itu sedetik kemudian mamah Nathan berteriak sisteris kemudian susterpun segera membawa mamah Nathan ke ruangannya. Ayah Nathan yang sudah berada di rumah sakit sedang menunggu Nathan dan memandangi istrinya itu, tak lama kemudian Nathanpun datang kemudian mamah Nathan memanggil Nathan dengan panggilan Nathan bukan lagi Daniel Nathan yang mendengar hal itu langsung menangis namun selang beberapa menit mamah Nathan menghembuskan nafas terakhirnya.

Nathan memang beberapa hari sudah berubah kini Nathan sudah tidak pernah bolos pelajaran, pakaian yang di pakainya sangat rapih, sering mengerjakan tugas, dan banyak lagi. Hal ini membuat Salma senang karena sekarang Nathan sudah berubah mencoba untuk menjadi lebih baik lagi, bukan hanya Nathan yang menjadi lebih baik namun kini hubungan Nathan dengan Salmapun lebih baik dari sebelumnya pada akhirnya Nathan dan Salma bersatu kembali.


1.11.3. Kesan pada saat membaca Novel Dear Nathan

Kesan saya pada saat membaca novel ini sangat seru Novel ini mengisahkan tentang masa indah putih abu-abu, persahabatan, pelajaran hidup, dan pentingnya untuk selalu menghargai perasaan. Berubah untuk menjadi lebih baik itu gak mudah tapi perlahan pasti bisa seperti Nathan.
BAB II
PENUTUP

2.1. Kesimpulan

Literasi adalah kemempuan untuk memahami, menganalisis dan mendekonstruksi pencitraan media.  Tujuan dari literasi ini antara lain ; setiap siswadapat membaca teks bacaan dengan mampu menyimpulkan isinya menurut kata-kata sendiri, memberi penulaian kritis pada buku-buku yang telah di baca dan setiap siswa dapat membaca teks bacaan kemudian mencatat gagasan penting. Adapun manfaat dari literasi ini antara lain : mengisi waktu luang, mendapat pengetahuan dan informasi yang berguna bagi kehidupan, mampu menunjang mengenai menyimak bacaan, dan menghantarkan seseorang untuk gemar membaca.

2.2. Saran 

  • Menumbuhkan minat baca sedini mungkin.
  • Memberi tahu apa manfaat dari membaca agar teman-teman yang lainnya semakin rajin untuk membaca buku.
  • Tumbuhkan rasa ingin tahu.
  • Memberi tahu pentingnya membaca buku untuk masa depan
  • Mengajak teman teman untuk lebih sering membaca buku.

DAFRAR PUSTAKA

Achmad, Haqi.2016. Ada Cinta di SMA. Jakarta: Gagas Media.
Amalia, Mustika. 2014. Only You. Yogyakarta: PT Benteng Pustaka.
Candra, Boy. 2015. Catatan Pendek Untuk Cinta yang Panjang. Jakarta: Media Kita.
----------------. 2015. Senja, Hujan dan Cerita yang Telah Usai. Jakata: Media Kita.
Charon. 2011. 3600 Detik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Febriani, Erisca. 2016. Dear Nathan. Jakarta: Best Media.
Liye, Tere. 2008. Hafalan Shalat Delisa. Jakarta: Republika.
Nadia, Asma. 2014. Surga yang Tak Dirindukan. Depok: Asma Nadia Publishing House.
Saraswati, Risa. 2017. Danur. Jakarta: Bukune.
TS, Tisa dan Stanley Meulen. 2015. Magic Hour. Jakarta: Loveable.  
-----------------------------------. 2016. I Love You 38.000 FT. Jakarta: Loveable.  


Silahkan dowload untuk mempermudah :)
Laporan Literasi Dowload

Literasi ini di tulis oleh Leni Marlina lulusan sekolah dari SMAN 1 Jasinga dan sudah mendapat izin untuk dipublikasikan :)

*-*

Saya sangat mengapreasikan segala kunjungan , komentar dan kritik pembaca ke Blog CALISTUNG PEMBELAJARAN. Semua itu telah membuat blog Calistung Pembelajaran menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan dan berinteraksi.
Semoga bermanfaat.


*Salam Pendidikan*
*Berbagi itu Indah*

0 Response to "Literasi Novel"

Posting Komentar