Jika ingin memasang IKLAN di Blog ini bisa Hub : 085693505299


MINAT !! SIKAT !!!

SELAMAT DATANG DI BLOG CALISTUNG PEMBELAJARAN , SEMOGA APA YANG DI BERIKAN CALISTUNG PEMBELAJARAN INI BISA BERMANFAAT...AMIIIN

Pages

Sistem Pernafasan Pada Manusia

Calistung Pembelajaran : IPA




1. Hidung

Hidung ini adalah organ tubuh pertama kita yang dilalui oleh oksigen. Bagian hidung terdiri dari lubang hidung, rongga hidung dan ujung rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat selaput lendir dan bulu-bulu hidung. Hidung berfungsi sebagai alat penciuman , alat penghirup udara , alat penyaringan udara yang kan masuk ke dalam paru - paru.

2. Tenggorokan

Tenggorokan ini memiliki 2 cabang saluran yaitu untuk saluran pernafasan dan untuk saluran pencernaan. Khusus untuk saluran pernafasan biasanya panjangnya 12-14 cm dan merupakan persimpangan antara rongga hidung ke tenggorokan dan rongga mulut ke kerongkongan.

3. Trakea (Batang Tenggorokan)

Trakea ini tersusun dari tulang rawan yang berbentuk cincin. Untuk dinding sebelah dalamnya terdapat selaput lendir dan silia. fungsinya adalah menahan dan mengeluarkan kotoran agar tidak masuk paru-paru jika kotoran tersebut tidak mampu ditangkap oleh cairan dari laring.. Trakea ini terletak di kerongkongan saluran makanan

4. Bronkus

Bronkus ini adalah cabang trakea dan tersusun atas tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin. Cabangnya ada dua yaitu kekanan menuju paru-paru kanan dan kekiri menuju paru paru kiri.
Fungsi dari bronkus sendiri adalah sebagai tempat untuk masuknya udara ke paru-paru dan keluarnya udara dari paru-paru.

5. Bronkiolus

Cabang bronkus adalah bronkiolus. Jumlah cabangnya sesuai gelambir paru-paru, bagi yang menuju paru-paru kanan berjumlah 3 cabang sedangkan yang paru-paru kiri ada 2 cabang. Bronkiolus adalah saluran halus, kecil, dan dindingnya tipis. Bronkiolus rongganya ada silia dan tidak memiliki tulang rawan.
Ujung Bronkiolus terdapat gelembung-gelembung sangat kecil dinamakan alveolus.

6. Alveolus

Alvelous ini memungkin udara keluar masuk (oksigen dan karbon dioksida) dari dalam paru-paru. Alvelous ini berjumlah sekitar 400 juta dalam paru-paru. Alvelous diselubungi pembuluh darah yang membentuk jaring. Dinding alvelous sangat tipis seperti silapis sel, lembab, dan berdekatan dengan kapiler darah.

7. Paru-paru

Paru-paru ini letaknya berada di dalam rongga dada tepatnya diatas diafragma.

Pengertian diafragma

Diafragma adalah sekat rongga badan yang membatasi antara rongga perut dan rongga dada. Manusia memiliki 2 pasang paru-paru, kanan dan kiri.
Bagian kiri terdapat 2 gelambir/lobus (atas bawah) dan dikiri ada 3 gelambir yaitu atas, tengah dan bawah. Paru-paru terbungkus pleura (selaput paru-paru). Pleura memiliki 2 lapisan dan salah satu lapisannya berisi cairan.
Fungsi cairan tersebut adalah Supaya tidak ada lecet pada paru-paru akibat gesekan yang disebabkan mengembang dan mengempisnya paru-paru. Kapasitas maksimal paru-paru menampung udara adalah berkisar sekitar 3 liter.


*-*

Artikel di atas di tulis sesuai dengan buku tulis admin calistung pembelajaran :)
Saya sangat mengapreasikan segala kunjungan , komentar dan kritik pembaca ke Blog CALISTUNG PEMBELAJARAN. Semua itu telah membuat blog Calistung Pembelajaran menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan dan berinteraksi.
Semoga bermanfaat.


*Salam Pendidikan*
*Kesuksesan bisa di capai dengan kerja keras dan di iringi dengan ridho Allah SWT.


0 Response to "Sistem Pernafasan Pada Manusia"

Posting Komentar