Jika ingin memasang IKLAN di Blog ini bisa Hub : 085693505299


MINAT !! SIKAT !!!

SELAMAT DATANG DI BLOG CALISTUNG PEMBELAJARAN , SEMOGA APA YANG DI BERIKAN CALISTUNG PEMBELAJARAN INI BISA BERMANFAAT...AMIIIN

Pages

Gelombang Bunyi

Calistung Pembelajaran : Fisika



A. Gelombang Bunyi

          Bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar , suara merupakan salah satu jenis dari bunyi.

1. Karakteristik gelombang bunyi
       
          Bunyi tergolong sebagai helombang mekanik sehingga membutuhkan medium sebagai perantara. Bunyi juga tergolong sebagai gelombang longitudinal karna arah perambatnya sejajar dengan arah getarnya. Berdasarkan besar frekuensi atau batas pendengaran manusia , bunyi dibedakan menjadi tiga , yaitu bunyi infrasonik , audiosonik , dan ultrasonik.

a. Bunyi inftasonik.

         Merupakan bunyi dengan frekuensi kurang dari 20 Hz. Bunyi ini tidak dapat didengan telinga manusia , tetapi dapat didengar oleh hewan seperti anjing , jangkrik , dan laba - laba.

b. Bunyi Audiosonik

          Merupakan bunyi dengan frekuensi antara 20 Hz sampai 20.000 Hz. Frekuensi ini dapat didengar oleh manusia.

c, Bunyi Ultrasonik

         Merupakan bunyi yang mempunyai frekuensi diatas 20.000 Hz. Bunyi ini tidak dapat didengar oleh manusia. Hewan yang dapat mendengar bunyi ini antara lain lumba - lumba , anjing , kucing , dan kelelawar. Bunyi ultrasonik memiliki banyak manfaat diantaranya untuk mengukur kedalaman laut.


2.Manfaat Gelombang Bunyi

  1. Mengukur Kedalaman Air Laut – Gelombang bunyi digunakan untuk mengukur kedalaman laut dan juga lokasi jarak objek dalam air. Gelombang bunyi yang digunakan untuk mengukur kedalaman laut serta lokasi dan jarak objek dalam air adalah gelombang bunyi ultrasonik
  2. Manfaat Untuk Kedokteran – Manfaat gelombang bunyi yang kedua adalah gelombang bunyi dapat digunakan untuk bidang kedokteran, gelombang bunyi pada bidang kedokteran salah satunya adalah untuk mendeteksi janin dalam rahim. Biasanya gelombang bunyi yang digunakan untuk mendeteksi janin dalam rahim adalah gelombang bunyi infrasonik. (baca juga 
  3.  Manfaat penelitian – Manfaat pendidikan – Manfaat kuliah bagi masa depan
  4.   Mendeteksi Keretakan – Manfaat gelombang bunyi yang ketiga adalah gelombang bunyi dapat digunakan untuk mendeteksi keretakan suatu logam. Jadi saat akan melakukan atau mendeteksi keretakan logam anda dapat menggunakan gelombang bunyi tersebut.
  5.   Pengeras Suara – Seiring dengan kemajuan zaman gelombang bunyi diciptakan sebagai pengeras suara. Gelombang bunyi yang digunakan untuk pengeras suara adalah gelombang bunyi audiosonik.
  6.  Memperlancar Komunikasi – Selain dapat digunakan untuk pengeras suara gelombang bunyi juga dapat digunakan untuk mendengar suara, mendengar musik dan memperlancar komunikasi. Hal ini merupakan salah satu manfaat gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari. Jadi dengan adanya gelombang bunyi kita menjadi lebih mudah dalam berkomunikasi. (baca juga : Manfaat musyawarah untuk kehidupan sehari – hari – Manfaat bersosialisasi dengan orang lain  –  manfaat media sosial di berbagai bidang)
  7.  Menentukan Jarak Tempat – Menentukan jarak dari suatu tempat, salah satu manfaat dari gelombang bunyi adalah digunakan untuk menentukan jarak dari suatu tempat ke tempat tertentu.

     3. Rumus Cepat Rambat Bunyi
  •     v = cepat rambat gelombang bunyi
  •      γ = konstanta Laplace
  •      R = tetapan umum gas
  •      T = Suhu (oK)
  •      M = massa mol gas
Cepat Rambat Gelombang Bunyi dalam Medium Gas

  •      v = cepat rambat gelombang bunyi
  •      B = modulus bulk zat cair
  •      ρ = massa jenis zat cair 
Cepat Rambat Gelombang Bunyi dalam Medium Zat Cair

  •      v = cepat rambat gelombang bunyi
  •      E = modulus young zat padat
  •      ρ = massa jenis zat padat
Cepat Rambat Gelombang Bunyi dalam Medium Zat Padat









*-*


      Saya sangat mengapreasikan segala kunjungan , komentar dan kritik pembaca ke Blog CALISTUNG PEMBELAJARAN. Semua itu telah membuat blog Calistung Pembelajara menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan dan berinteraksi.  
     Semoga bermanfaat.


 *Salam Pendidikan*

*Jadilah orang yang berguna bagi kedua orang tua*
         


0 Response to "Gelombang Bunyi "

Posting Komentar