Jika ingin memasang IKLAN di Blog ini bisa Hub : 085693505299


MINAT !! SIKAT !!!

SELAMAT DATANG DI BLOG CALISTUNG PEMBELAJARAN , SEMOGA APA YANG DI BERIKAN CALISTUNG PEMBELAJARAN INI BISA BERMANFAAT...AMIIIN

Pages

Perkembangan Peserta Didik


Pengertian Perkembangan


  • Serangkaian perubahan progesif yang terjadi sebagai akibat dari proses pematangan dan pengalaman atau perkembangan terjadi dari masa kemasa hingga mati

Pengertian Belajar

  • Suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan prilaku yang menyangkut aspek kognitif , afektif , dan psikomotorik yang di peroleh melalui interaksi dengan lingkungan.
Pengertian Peserta Didik

  • Individu yang merupakan suatu totalitas kesatuan psikofisik (jiwa dan raha) yang tidak dapat di pisahkan , mempunyai keunikan masing - masing berbeda satu dengan yang lain.

Perkembangan meliputi :
  1. Biologis
  2. Struktur dan fungsi
  3. Bertahap
  4. Unik
  5. Berlangsung sepanjang hayat

Sedangkan pertumbuhan adalah oerubahan yang dialami individu yang bersifat kuantitatif dan terbatas pada perubahan fisik

Menurut Semiawan peserta didik memiliki 3 pengertian :

  1. Peserta didik adalah makhluk hidup atau organisem yang merupakan satu kesatuan dari keseluruhan aspek yang terdapat dalam dirinya.
  2. Keseluruhan aspek fisik dan psikologi yang saling berhubungan satu sama lain dan bila mengalami gangguan maka aspek lainnya terganggu.
  3. Peserta usia didik SD berbeda dari orang dewasa bukan sekedar fisiknya juga keseluruhannya.

Menurut Sinnolungan

    Manusia termasuk peserta didik sebagai makhluk totalitas homotirika.

a. Makhluk relegius yang menerima dan mengakui kekuasaan Tuhan atas dirinya dan alam 
    lingkungannya.
b. Manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan makhluk lainnya.


Ada 2 teori perkembangan

  1. Kointinitas adalah perkembangan terjadi secara halus stabil melalui pengetahuan dan keterampilan pada waktu yang relatif lama.
  2. Diskontinuitas adalah perkembangan yang terjadi pada kecepatan yang berbeda , berganti - ganti antara periode yang hanya sedikit perubahannya dengan yang cepat perubahannya


Demikian tentang perkembangan peserta didik secara singkat.

Saya sangat mengapreasikan segala kunjungan , komentar dan kritik pembaca ke Blog CALISTUNG PEMBELAJARAN. Semua itu telah membuat blog Calistung Pembelajaran menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan dan berinteraksi.
Semoga bermanfaat.


*Salam Pendidikan*


*Setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan*



0 Response to "Perkembangan Peserta Didik"

Posting Komentar