Jika ingin memasang IKLAN di Blog ini bisa Hub : 085693505299


MINAT !! SIKAT !!!

SELAMAT DATANG DI BLOG CALISTUNG PEMBELAJARAN , SEMOGA APA YANG DI BERIKAN CALISTUNG PEMBELAJARAN INI BISA BERMANFAAT...AMIIIN

Pages

Pembelajaran Terpadu

CALISTUNG PEMBELAJARAN : PEMBELAJARAN TERPADU




A. Pengertian :


  • Menurut Prabowo pembelajaran terpadu adalah suatu proses pembelajaran dengan melibatkan atau mengaitkan beberapa bidang studi.

  • Menurut Cohen dan Manion adalah pembelajaran terpadu yang verkaitan dengan pendidikan yang dilaksanakan dalam suasana pendidikan progresif dan pembelajaran terpadu. 

B. Karakteristik pembelajaran terpadu

  1. Pembelajaran terpusat pada anak.
  2. Menekankan pembentukan pemahaman kebersamaan.
  3. Belajar melalui pengalaman langsung.
  4. Guru menjadi fasilitator dan kutalisator sehingga tercapainya tujuan.
  5. Lebih memperhatikan proses dari pada hasil
  6. Syrat dengan muatan berkaitan

C. Ciri pembelajaran terpadu

  1. Berpusat pada anak.
  2. Memberikan pengalaman langsung pada anak.
  3. Pemisahan antara bidang studi tidak begitu jelas.
  4. Lebih mengutamakan proses dari pada hasil.
  5. Menyajikan konsep dari berbagai bidang studi dalam suatu proses pembelajaran.
  6. Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai minat dan kebutuhan anak.
D. Prinsip - prinsip pembelajaran terpadu

  1. Prinsip penggalian tema
  2. Tena harus memberikan bekal bagi siswa untuk mempelajari selanjutnya.
  3. Tema harus disesuaikan sesuai perkembangan psikologi anak.
  4. Tema harus dikembangkan sesuai dengan sebagian besar minat anak.
  5. Tema harus dipilih dengan mempertimbangkan peristiwa otentik yang terjadi dalam tentang waktu belajar.
  6. Tema harus sesuai dengan tema yang berlaku.
  7. Tema harus sesuai dengan ketersediaan.

E. Prinsip pelaksanaan pembelajaran terpadu

  1. Guru hendaknya jangan mendominasi proses belajar.
  2. Pemberian tanggung jawab individu dan kelompok harus jelas.
  3. Guru harus mempunyai ide proses pembelajaran

F. Prinsip Evaluasi

  1. Memberikan kesempatan siswa untuk melakukan evaluasi diri
  2. Guru perlu mengajak para siswa untuk mengevaluasi perolehan belajar.

G. Prinsip Reaksi Efek

     Guru dituntut mampu merencanakan dan proses pembelajaran sehingga tercapai pembelajaran


Pentingnya pembelajaran terpadi di SD

  • Menurut Piaget : Perkembangan intelektual anak meliputi tahapan :
  1. Sensorimotor 
  2. Praoperasional
  3. Operasional konkrit
  4. Operasional formal

Kekurangan dan kelebihan pembelajaran terpadu

Kelebihan :
  1. Materi pelajaran menjadi lebih dekat dengan kehidupan anak , sehingga anak mudah memahami dan melakukannya.
  2. Siswa mudah mengaitkan hubungan materi pelajaran satu dengan pelajaran yang lain.
  3. Dengan bekerja dalam kelompok siswa dapat mengembangkan kemampuan aspek afektif (sikap) dan psikomotorik (gerak) selain kognitif.
  4. Guru dengan mudah menggunakan belajar siswa aktif.

Kekurangan :
  1.  Aspek Guru : Guru harus berwawasan luas , memiliki kreatifitas tinggi lalu menggunakan metologis yang handal , memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan berani mengemas dan mengembangkan materi.
  2. Aspek peserta didkk : Pembelajaran terpadu menuntut peserta didik yang relatif baik , baik dalam akademi maupun kreatifitas.
  3. Aspek sarana dan pembelajaran : Pembelajaran terpadu memerlukan bahan bacaan yang bervariasi
  4. Aspek kurikulum : Kurikulum harus luas
  5. Aspek penilaian : Penilaian harus komprehensif 
  6. Suasana belajar 

Demikian penjelasan tentang pembelajaran terpadu , semoga bermanfaat untuk semua khususnya diri saya sendiri .
Saya sangat mengapreasikan segala kunjungan , komentar dan kritik pembaca ke Blog CALISTUNG PEMBELAJARAN. Semua itu telah membuat blog Calistung Pembelajaran menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan dan berinteraksi.
Semoga bermanfaat.


*Salam Pendidikan*


"Guru adalah orang tua kita yang kedua , sayangilah mereka seperti menyayangi kedua orang tua"



0 Response to "Pembelajaran Terpadu"

Posting Komentar