CALISTUNG PEMBELAJARAN : PEMBELAJARAN TERPADU
A. Pengertian :
- Menurut Prabowo pembelajaran terpadu adalah suatu proses pembelajaran dengan melibatkan atau mengaitkan beberapa bidang studi.
- Menurut Cohen dan Manion adalah pembelajaran terpadu yang verkaitan dengan pendidikan yang dilaksanakan dalam suasana pendidikan progresif dan pembelajaran terpadu.
B. Karakteristik pembelajaran terpadu
- Pembelajaran terpusat pada anak.
- Menekankan pembentukan pemahaman kebersamaan.
- Belajar melalui pengalaman langsung.
- Guru menjadi fasilitator dan kutalisator sehingga tercapainya tujuan.
- Lebih memperhatikan proses dari pada hasil
- Syrat dengan muatan berkaitan
C. Ciri pembelajaran terpadu
- Berpusat pada anak.
- Memberikan pengalaman langsung pada anak.
- Pemisahan antara bidang studi tidak begitu jelas.
- Lebih mengutamakan proses dari pada hasil.
- Menyajikan konsep dari berbagai bidang studi dalam suatu proses pembelajaran.
- Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai minat dan kebutuhan anak.
D. Prinsip - prinsip pembelajaran terpadu
- Prinsip penggalian tema
- Tena harus memberikan bekal bagi siswa untuk mempelajari selanjutnya.
- Tema harus disesuaikan sesuai perkembangan psikologi anak.
- Tema harus dikembangkan sesuai dengan sebagian besar minat anak.
- Tema harus dipilih dengan mempertimbangkan peristiwa otentik yang terjadi dalam tentang waktu belajar.
- Tema harus sesuai dengan tema yang berlaku.
- Tema harus sesuai dengan ketersediaan.
E. Prinsip pelaksanaan pembelajaran terpadu
- Guru hendaknya jangan mendominasi proses belajar.
- Pemberian tanggung jawab individu dan kelompok harus jelas.
- Guru harus mempunyai ide proses pembelajaran
F. Prinsip Evaluasi
- Memberikan kesempatan siswa untuk melakukan evaluasi diri
- Guru perlu mengajak para siswa untuk mengevaluasi perolehan belajar.
G. Prinsip Reaksi Efek
Guru dituntut mampu merencanakan dan proses pembelajaran sehingga tercapai pembelajaran
Pentingnya pembelajaran terpadi di SD
- Menurut Piaget : Perkembangan intelektual anak meliputi tahapan :
- Sensorimotor
- Praoperasional
- Operasional konkrit
- Operasional formal
Kekurangan dan kelebihan pembelajaran terpadu
Kelebihan :
- Materi pelajaran menjadi lebih dekat dengan kehidupan anak , sehingga anak mudah memahami dan melakukannya.
- Siswa mudah mengaitkan hubungan materi pelajaran satu dengan pelajaran yang lain.
- Dengan bekerja dalam kelompok siswa dapat mengembangkan kemampuan aspek afektif (sikap) dan psikomotorik (gerak) selain kognitif.
- Guru dengan mudah menggunakan belajar siswa aktif.
Kekurangan :
- Aspek Guru : Guru harus berwawasan luas , memiliki kreatifitas tinggi lalu menggunakan metologis yang handal , memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan berani mengemas dan mengembangkan materi.
- Aspek peserta didkk : Pembelajaran terpadu menuntut peserta didik yang relatif baik , baik dalam akademi maupun kreatifitas.
- Aspek sarana dan pembelajaran : Pembelajaran terpadu memerlukan bahan bacaan yang bervariasi
- Aspek kurikulum : Kurikulum harus luas
- Aspek penilaian : Penilaian harus komprehensif
- Suasana belajar
Demikian penjelasan tentang pembelajaran terpadu , semoga bermanfaat untuk semua khususnya diri saya sendiri .
Saya sangat mengapreasikan segala kunjungan , komentar dan kritik pembaca ke Blog CALISTUNG PEMBELAJARAN. Semua itu telah membuat blog Calistung Pembelajaran menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan dan berinteraksi.
Semoga bermanfaat.
*Salam Pendidikan*
Saya sangat mengapreasikan segala kunjungan , komentar dan kritik pembaca ke Blog CALISTUNG PEMBELAJARAN. Semua itu telah membuat blog Calistung Pembelajaran menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan dan berinteraksi.
Semoga bermanfaat.
*Salam Pendidikan*
"Guru adalah orang tua kita yang kedua , sayangilah mereka seperti menyayangi kedua orang tua"
0 Response to "Pembelajaran Terpadu"
Posting Komentar