Calistung Pembelajaran :
Kali ini Calistung Pembelajaran akan membahas tentang metode - metode pembelajaran yang sering digunakan dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
1. Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving Method)
Adalah penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan jalan melatih siswa menghadapi berbagai masalah baik itu masalah pribadi atau perorangan maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau bersama - sama.
- Ada beberapa kriteria pemilihan bagan pelajaran untuk metode pemecahan masalah yaitu :
- Bersifat familiar dengan siswa.
- Berhubungan dengan kepentingan orang banyak.
- Sesuai dengan minat siswa dan siswa merasa perlu untuk mempelajarinya.
- Mengandung konflik bias dan rekaman video dan lain - lain.
Menurut Djahin (1983 : 133) metode problem solving memberikan beberapa manfaat antara lain :
- Mengembangkan sikap keterampilan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan serta dalam mengambil keputusan secara objektif dan mandiri.
- Mengembangkan kemampuan berpikir siswa.
- Kemampuan berpikir di proses dalam situasi atau keadaan yang benar - benar dihayati , diminati siswa serta dalam berbagai macam ragam alternatif
- Membina pengembangan sikap perasaan (ingin tahu lebih jauh) dan cara berpikir objektif - mandiri , krisis - analisis baik secara individual maupun kelompok.
Langkah - langkah metode pemecahan masalah :
- Adanya masalah yang dianggap penting.
- Merumuskan masalah.
- Analisa hipotesa.
- Mengumpulkan data.
- Analisa data.
- Mengambil kesimpulan.
- Aplikasi (penerapan) dari kesimpulan yang diperoleh.
- Menilai kembali seluruh proses pemecahan masalah.
2. Metode Inkuiri
Metode inkuiri adalah suatu cara menyampaikan pelajaran dengan penelaahan sesuatu yang bersifat mencari serta kritis , analisis , dan argumentative (ilmiah) dengan menggunakan langkah - langkah tertentu menujut kesimpulan (Usman , 1993 : 123).
Langkah - langkah dalam proses inkuiri (Sagala , 2003 : 97) :
- Menyadarkan peserta didik bahwa mereka memiliki keingintahuan terhadap sesuatu.
- Perumusan masalah yang harus dipecahkan peserta didik.
- Menetapkan jawaban sementara atau hipotesis.
- Mencari informasi , data , fakta yang diperlukan untuk menjawab permasalahan atau hipotesis.
- Menarik kesimpulan atau generalisasi dari situasi.
3. Metode Ceramah
Metode pembelajaran ceramah yaitu dengan cara penyampaian informasi secara lisan yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik.
4. Metode Tanya Jawab
Metode dengan cara penjelasan informasi yang pelaksanaannya saling bertanya dan menjawab antara pendidik dan peserta didik (warga belajar).
5. Metode Demonstrasi
Metode dengan cara memperagakan sesuatu hal yang pelaksanaannya diawali oleh peragaan sumber belajar kemudian diikuti oleh warga belajar.
6. Metode Curah Pendapat (Brainstroming)
Metode pembelajaran dengan cara menghimpun gagasan atau pendapat dari setiap warga belajar tentang suatu permasalahan.
7. Metode Diskusi Kelompok
Metode pembelajaran dengan cara pembahasan suatu masalah oleh sejumlah anggota kelompok untuk mencapai suatu kesepakatan.
8. Metode Diskusi Kelompok Kecil (Buzz Group)
Metode dengan cara pembahasan suatu masalah yang pelaksanaannya warga belajar dibagi dalam kelompok kecil antara tiga sampai enam orang.
9. Metode Panel
Metode pembelajaran dengan cara pembahasan suatu masalah melalui kegiatan diskusi yang dilakukan oleh beberapa ahli dihadapan warga belajar.
10. Metode Forum (Debate)
Metode pembelajaran yang dilakukan melalui diskusi terbuka yang disampaikan oleh beberapa nara sumber dengan topik masalah yang kontroversial.
11. Metode Seminar
Metode penyampaian informasi berdasarkan hasil penelitian yang diikuti dengan kegiatan diskusi.
12. Metode Simposium
Penyampaian materi secara lisan yang dilakukan berupa kegiatan ceramah oleh beberapa orang nara sumber.
13. Metode Latihan (Drill)
Metode pembelajaran dengan cara melatih peserta didik tentang kegiatan tertentu secara berulang - ulang dengan materi yang sama.
14. Metode Kelompok Kerja (Workshop)
Pembelajaran yang melibatkan peserta dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas - tugas
15. Metode Studi Kasus
Metode pembelajaran dengan cara penelaahan suatu kasus nyata dilapangan melalui kegiatan penelitian.
16. Metode Karyawisata
Metode pembelajaran karyawisata dengan cara mengunjungi suatu tempat atau objek tertentu dengan melibatkan seluruh warga belajar.
Demikian macam - macam metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk seorang pendidik , mungkin di kurikulum 2013 ini masih banyak metode pembelajaran yang penulis belum cantumkan di blog ini.
Saya sangat mengapreasikan segala kunjungan , komentar dan kritik pembaca ke Blog CALISTUNG PEMBELAJARAN. Semua itu telah membuat blog Calistung Pembelajaran menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan dan berinteraksi.
Semoga bermanfaat.
*Salam Pendidikan*
*Gunakan metode dengan baik dan benar dalam menyampaikan pembelajaran*
0 Response to "Macam - macam metode pembelajaran"
Posting Komentar