RANGKUMAN PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT
- Untuk menyampaikan bilangan bulat , sebaiknya diawali dengan penyampaian kasus - kasus dalam operasi hitung pada bilangan asli , agar anak dapat mengerti kenapa harus ada bilangan bulat
Bilangan bulat adalah bilangan yang terdiri dari bilangan cacah dan bilangan negatifnya. Sedangkan bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari angka 0 ,1, 2, 3, 4, … (Maksud dari titik-titik adalah dan seterusnya sampai tak terhingga). Negatif dari bilangan cacah adalah -1, -2, -3, -4, …. mengapa -0 tidak dituliskan? Karena -0 = 0 jadi tidak dituliskan sebagai negatif bilangan cacah.
- 3 tahap untuk menyampaikan konsep operasi hitung bilangan bulat
- Tahap pertama : tahap pengenalan konsep secara konkret
- Tahap kedua : tahan pengenalan konsep secara semi konkret atau semi abstrak
- Tahap ketiga : tahap pengenalan konsep secara abstrak
- Pada pengenalan konsep secara konkret sebaiknya diperkenalkan melalui alat peraga seperti balok garis bilangan dan manik - manik.
- pada pengenalan konsep secara semi konkret atau semi abstrak dapat mempergunakan garis bilangan.
- Sedangkan pada tahap pengenalan konsep secara abstrak dapat dilakukan dengan memberikan contoh - contoh soal yang berpola.
- Pada penjumlahan bilangan bulat berlaku sifat - sifat :
- Tertutup
- Komutatif
- Asosiatif
- Adanya unsur identitas penjumlahan (bilangan 0)
- adanya unsur invers aditif (linear)
Sedangkan dalam pengurangannya hanya berlaku sifat pertama , yaitu sifat tertutup.
- Permasalahan dalam pembelajaran bilangan bulat :
- penggunaan alat peraga atau garis bilangan yang mengimpang dari prinsip kerjanya.
- salah penafsiran bentuk a + (-b) sebagai a - b atau a - (-b) sebagai a + b .
- Masih banyak para guru dan siswa yang tidak dapat membedakan antara tanda +/- sebagai operasi hitung dengan tanda +/- sebagai garis bilangan.
- kurang tepatnya memberikan pengertian bilangan bulat.
- sulitnya memberikan penjelasan bagaimana melakukan operasi hitung pada bilangan bulat secara konkret maupun abstrak.
Contoh soal
1. Bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif
3 + (-8) = 3 - 8 = - 5
6 + (-16) = - (6 + 16) = - 22
(-10) + 20 = 20 - 10 = 10
2. Konsep pengurangan bilangan bulan positif dengan bilangan bulat negatif
(-5) + 15 - 5 = (-5) + 10 = 10 - 5 = 5
3. Konsep Hitung Campuran Bilangan Bulat Positif dengan Bilangan Bulat Negatif
120 + (-20) - ( - 80 ) = 120 + (-20) + 80 = 120 - 20 + 80 = 100 + 80 = 180
Saya sangat mengapresiasi segala kunjungan, komentar dan kritik pembaca ke blog Matematika CALISTUNG (BacaTulis Menghitung) , semua itu telah membuat blog CALISTUNG Matematika menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan .
Salam Pendidikan ..
Terbitkan pelangi jauhi Badai ....
Trick on Treat
Salam Pendidikan ..
Terbitkan pelangi jauhi Badai ....
Trick on Treat
0 Response to "Bilangan Bulat (Sekolah Dasar)"
Posting Komentar