Jika ingin memasang IKLAN di Blog ini bisa Hub : 085693505299


MINAT !! SIKAT !!!

SELAMAT DATANG DI BLOG CALISTUNG PEMBELAJARAN , SEMOGA APA YANG DI BERIKAN CALISTUNG PEMBELAJARAN INI BISA BERMANFAAT...AMIIIN

Pages

Bilangan Bulat (Sekolah Dasar)

CALISTUNG : Baca Tulis Menghitung

RANGKUMAN PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT


  • Untuk menyampaikan bilangan bulat , sebaiknya diawali dengan penyampaian kasus - kasus dalam operasi hitung pada bilangan asli , agar anak dapat mengerti kenapa harus ada bilangan bulat 

          Bilangan bulat adalah  bilangan yang terdiri dari bilangan cacah dan bilangan negatifnya. Sedangkan bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari angka 0 ,1, 2, 3, 4, … (Maksud dari titik-titik adalah dan seterusnya sampai tak terhingga). Negatif dari bilangan cacah adalah -1, -2, -3, -4, …. mengapa -0 tidak dituliskan? Karena -0 = 0 jadi tidak dituliskan sebagai negatif bilangan cacah.


  • 3 tahap untuk menyampaikan konsep operasi hitung bilangan bulat
  1. Tahap pertama : tahap pengenalan konsep secara konkret
  2. Tahap kedua : tahan pengenalan konsep secara semi konkret atau semi abstrak
  3. Tahap ketiga : tahap pengenalan konsep secara abstrak
  • Pada pengenalan konsep secara konkret sebaiknya diperkenalkan melalui alat peraga seperti balok garis bilangan dan manik - manik. 
  • pada pengenalan konsep secara semi konkret atau semi abstrak dapat mempergunakan garis bilangan.
  • Sedangkan pada tahap pengenalan konsep secara abstrak dapat dilakukan dengan memberikan contoh - contoh soal yang berpola.
  • Pada penjumlahan bilangan bulat berlaku sifat - sifat :
  1. Tertutup
  2. Komutatif
  3. Asosiatif
  4. Adanya unsur identitas penjumlahan (bilangan 0)
  5. adanya unsur invers aditif (linear)
      Sedangkan dalam pengurangannya hanya berlaku sifat pertama , yaitu sifat tertutup.
  • Permasalahan dalam pembelajaran bilangan bulat :
  1. penggunaan alat peraga atau garis bilangan yang mengimpang dari prinsip kerjanya.
  2. salah penafsiran bentuk a + (-b) sebagai a - b atau a - (-b) sebagai a + b .
  3. Masih banyak para guru dan siswa yang tidak dapat membedakan antara tanda +/- sebagai operasi hitung dengan tanda +/- sebagai garis bilangan.
  4. kurang tepatnya memberikan pengertian bilangan bulat.
  5. sulitnya memberikan penjelasan bagaimana melakukan operasi hitung pada bilangan bulat secara konkret maupun abstrak.
Contoh soal 

1. Bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif

          3 + (-8) = 3 - 8 = - 5 
          6 + (-16) = - (6 + 16) = - 22
          (-10) + 20 = 20 - 10 = 10 

2. Konsep pengurangan bilangan bulan positif dengan bilangan bulat negatif

      (-5) + 15 - 5 = (-5) + 10 =  10 - 5 = 5 

3.  Konsep Hitung Campuran Bilangan Bulat Positif dengan Bilangan Bulat Negatif

     120  + (-20)  - ( - 80 ) = 120 + (-20) + 80 = 120 - 20 + 80 = 100 + 80 = 180 


Saya sangat mengapresiasi segala kunjungan, komentar dan kritik pembaca ke blog Matematika CALISTUNG  (BacaTulis Menghitung) , semua itu telah membuat blog CALISTUNG Matematika menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan .

Salam Pendidikan ..

Terbitkan pelangi jauhi Badai ....
Trick on Treat


0 Response to "Bilangan Bulat (Sekolah Dasar)"

Posting Komentar