Jika ingin memasang IKLAN di Blog ini bisa Hub : 085693505299


MINAT !! SIKAT !!!

SELAMAT DATANG DI BLOG CALISTUNG PEMBELAJARAN , SEMOGA APA YANG DI BERIKAN CALISTUNG PEMBELAJARAN INI BISA BERMANFAAT...AMIIIN

Pages

Jawaban soal simbiosis mutualisme , komensalisme dan parasitisme


Calistung Pembelajaran : IPA 


  1. Pengertian simbiosis mutualisme ?
  2. Pengertian simbiosis komensalisme ?
  3. Pengertian simbiosis parasitisme ?

Jawaban :

1. Simbiosis mutualisme merupakan hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda dan saling menguntungkan.

Contohnya :
  • Hubungan antara lebah dengan bunga, yang mana lebah diuntungkan mendapatkan nektar/madu dan bunga diuntungkan dalam proses penyerbukan.
  • Hubungan antara burung jalak dan kerbau, kerbau diuntungkan hilangnya kutu yang ada pada tubuhnya. Dan burung jalak mendapatkan makanan dari tubuh kerbau tersebut.
      2. Simbiosis komensalisme merupakan hubungan antara dua makhluk hidup dimana yang satu 
          diuntungkan dan yang satu lagi tidak diuntungkan dan tidak juga dirugikan.


Contohnya :
  • Contohnya ikan remora dengan ikan hiu dimana ikan remora dapat berlindung dari predator sehingga leluasa dalam mencarai makanan, sedangkan ikan hiu tidak mendapat keuntungan ataupun kerugian dengan hadirnya ikan remora.
  • Dalam interaksi sirih dan tanamana inangnya tumbuhan sirih akan merambat mengikuti tanaman inangnya untuk memperoleh sinar matahari yang berguna untuk fotosintesis, sedangkan tumbuhan inangnya tidak memperoleh pengaruh apapun.
     2. Simbiosis parasitisme merupakan hubungan antara dua jenis makhluk hidup dimana yang satu  
          mendapat keuntungan sedangkan yang satunya lagi dirugikan.


Contohnya :
  • Contohnya benalu denagan yang ditumpangi yang mana benalu diuntungkan dengan menyerap sari makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya sedangkan tumbuhan yang ditumpangi dirugikan karena sari makanannya diserap oleh benalu.
  • Kutu dikepala manusia, kutu mendapatkan keuntungan karena memakan atau menghisap darah dari kulit manusia sedangkan manusia rugi karena dihisap darahnya dan terganggu dengan gatalnya.
  • Lalat buah dengan jambu, lalat buah mendapatkan keuntungan biss bertelur didalam buah jambu, sedangkan jambu mengalami kerugian karena menjadi busuk.
  • Panu, kudis, kurap dengan manusia. Pnu kudis kurap menempel pada kulit manusia sehingga tergangu kesehatannya.
  • Cacing tambang,cacing pita atau gelang dalam perut manusia. Cacing-cacing tersebut mengambil sari makanan dari tubuh manusia sehingga manusia terganggu kesehatannya.


*-*

Saya sangat mengapreasikan segala kunjungan , komentar dan kritik pembaca ke Blog CALISTUNG PEMBELAJARAN. Semua itu telah membuat blog Calistung Pembelajaran menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan dan berinteraksi.
Semoga bermanfaat.



*Salam Pendidikan*
"Kalau mencari ilmu saja malas , bagaimana kamu mencari pasangan hidup nanti*
*

0 Response to "Jawaban soal simbiosis mutualisme , komensalisme dan parasitisme"

Posting Komentar