Jika ingin memasang IKLAN di Blog ini bisa Hub : 085693505299


MINAT !! SIKAT !!!

SELAMAT DATANG DI BLOG CALISTUNG PEMBELAJARAN , SEMOGA APA YANG DI BERIKAN CALISTUNG PEMBELAJARAN INI BISA BERMANFAAT...AMIIIN

Pages

Demokrasi

Calistung Pembelajaran : PKN


Rangkuman :

    Demokrasi berasar dari kata "Demos" yang berarti rakyat dan Kratos atau Kratein yang berarti kekuasaan.

    Demokrasi adalah kekuasaan yang ada ditangan rakyat. Demokrasi menurut pengertian yaitu negara yang diselenggarakan berdasarkan kehendak dan kemauan rakyat dengan kata lain suatu organisasi negara yang dilaksanakan oleh rakyat sendiri


Bentuk - bentuk demokrasi


  • Demokrasi Liberal : Demokrasi yang berorientasikan kebebasan individu
  • Demokrasi Komunis : Demokrasi yang beraraskan kebersamaan atau kolektif

Demokrasi di Indonesia :
  1. Demokrasi Parlementer (1945 - 1959)
  2. Demokrasi Terpimpin (1949 - 1965)
  3. Demokrasi Pancasila (Orde Baru - 1966 - 1998) 

Pengertian :

  Demokrasi Parlementer adalah sistem yang berhubungan atara eksekutif (pemerintah) dan badan legislatif. Kelebihan dari demokrasi parlementer rakyat dapat menjalankan fungsi pengawasan dan berperan dalam penyelenggaraan negara.

  Demokrasi Terpimpin adalah  suatu sistem pemerintahan yang keputusan dan kebijakannya dijalankan dengan berpusat pada kekuasaan yang berada pada satu orang (Pemimpin Negara).

  Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang sistem pelaksanaannya mengutamakan asas musyawarah mufakat untuk kepentingan bersama seluruh rakyat berdasarkan pancasila.


Beberapa pengertian demokrasi menurut para ahli

Menurut Abdul Wadud Nashruddin

Demokrasi merupakan suatu sistem kehidupan dimana pendapat rakyat ditempatkan sebagai prioritas utama dalam mengambil kebijakan-kebijakan. Pendapat tersebut harus memenuhi beberapa kriteria seperti :
  • Agama
  • Susila
  • Hukum

Semangat untuk menjunjung kemaslahatan bersama.

Suara atau pendapat dari rakyat harus disertai dengan adanya rasa tanggung jawab. Adanya komitmen positif atas pelaksanaannya harus melalui tahap evaluasi secara kontinyu agar sesuai dengan kebutuhan bersama. Selain sebagai alat politik, demokrasi juga bertindak sebagai alat pembentuk aspek-aspek tata masyarakat lainnya seperti aspek ekonomi, aspek sosial, maupn aspek budaya. Hanya masyarakat yang mampu bertanggung jawab serta faham terkait dengan pendapat yang mereka sampaikan baik secara keilmuan, syar’i, maupun sosial.

 Menurut Sumarno AP dan Yeni R. Lukiswara

Demokrasi berasal dari kata demos yang berarti rakyat, serta kratos atau cratein yang berarti pemerintahan. Jadi demokrasi dapat diartikan sebagai pemerintahan oleh rakyat. Dalam Declaration of Independent, demokrasi berarti of the people, for the people, and by the people.

 Menurut Joseph A. Schumpeter

Suatu sistem politik bisa dikatakan bersifat demokratis apabila para pengambil keputusan kolektifnya yang terkuat dipilih melalui suatu pemilihan umum yang dilakukan secara berkala yang di dalamnya terdapat hak bagi manusia dewasa untuk memilih. Sebuah demokrasi mencakup 2 hal, yaitu persaingan dan partisipasi.

 Menurut Ranny

Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan dimana penataan serta pengorganisasiannya dilakukan berdasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut :
  1. Kedaulatan rakyat (popular soveragnity)
  2. Kesamaan politik (political equality)
  3. Konsultasi atau dialog dengan masyarakat (political consultation)
  4. Aturan mayoritas

 Menurut Philippe C. Schmitter

Demokrasi merupakan suatu teori yang menyatakan bahwa suatu negara supaya tanggap terhadap kebutuhan maupun kepentingan warganya, dimana mereka harus ikut berpartisipasi dalam merumuskan kebutuhan serta mengungkapkan kepentingan-kepenting secara aktif dan bebas. Tidak hanya harus berpengertian jelas, tetapi harus memiliki berbagai sumber serta keinginan untuk melibatkan dirnya dalam perjuangan politik yang diperlukan agar preferensi mereka nantinya menjadi suatu bahan pertimbangan bagi para penguasa atau juga dengan berusaha menduduki jabatan di pemerintahan.

Menurut Sarjen

Tiap-tiap sistem demokrasi selalu didasarkan pada ide-ide bahwa negara harus terlibat dalam berbagai macam hal tertentu baik secara langsung maupun melalui wakil-wakil yang telah mereka pilih di dewan perwakilan di bidang pembuatan keputusan-keputusan politik.


Demokrasi menurut pandangan rakyat

1. Demokrasi langsung (Direct Democracy)

Merupakan suatu bentuk pemerintahan dimana sebagai warga negara yang bertindak berdasarkan prosedur mayoritas, rakyat secara langsung ikut serta dalam pembuatan keputusan politik di negara tersebut.

2. Demokrasi Tidak langsung (Indirect Democracy)

Merupakan suatu bentuk pemerintahan dimana peran rakyat dalam pembuatan keputusan politik di negara tersebut dilakukan oleh orang-orang yang telah dipilih rakyat itu sendiri sebagai wakil mereka melalui pemilihan umum. Dengan kata lain, kekuasaan untuk pembuatan keputusan dilimpahkan atau diwakilkan kepada orang-orang yang telah dipilihnya melalui pemilihan umum.


*-*


Saya sangat mengapreasikan segala kunjungan , komentar dan kritik pembaca ke Blog CALISTUNG PEMBELAJARAN. Semua itu telah membuat blog Calistung Pembelajaran menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan dan berinteraksi.
Semoga bermanfaat.

*Salam Pendidikan*
*Semangat yang membara seperti pejuang dimasa lalu*
       

0 Response to "Demokrasi"

Posting Komentar