Jika ingin memasang IKLAN di Blog ini bisa Hub : 085693505299


MINAT !! SIKAT !!!

SELAMAT DATANG DI BLOG CALISTUNG PEMBELAJARAN , SEMOGA APA YANG DI BERIKAN CALISTUNG PEMBELAJARAN INI BISA BERMANFAAT...AMIIIN

Pages

Alat Ukur Massa


Macam – macam alat ukur massa




Neraca Pegas

Neraca pegas biasanya banyak digunakan pada laboratorium fisika, dimana ia digunakan karena lebih praktis untuk mengukur massa benda yang ringan seperti bola besi, berat beban dan sebagainya. Pada neraca pegas kebanyakan terdapat dua baris skala yaitu skala newton (N) untuk mengukur beratnya dan gram (g) untuk mengukur massanya, namun ada juga yang hanya menggunakan skala gram saja.

Untuk dapat menimbang benda dengan neraca pegas kita perlu terlebih dahulu mengatur skala pada skala 0 pada pengatur skala. Hal tersebut dilakukan agar hasil pengukuran lebih akurat. Setelah mengatur skala kita dapat menggantung bebean pada pengait yang telah disediakan lalu tunggu hingga pegas berhenti bergetar, selanjutnya hasil pengukuran dapat dibaca.


Kelebihan menimbang dengan menggunakan neraca pegas ini adalah dapat mengetahui messa dan berat benda skaligus ( jika neraca tersebut memiliki dua skala yang telah disebutkan tadi).

Neraca Sama Lengan

Neraca Sama Lengan adalah neraca yang memiliki dua piringan pada kedua lengannya. Pada neraca ini terdapat anak timbangan yang memiliki ukuran massa tertentu, sehingga pengukuran hanya dapat dilakukan berdasarkan massa dari anak timbangan tersebut. Cara mengukur dengan neraca ini adalah dengan cara meletakkan anak timbangan pada satu piringan dan meletakkan benda yang akan di ukur pada piringan lainnya.


Timbangan Duduk

Timbangan duduk biasanya digunakan oleh pedagang di pasar atau di took untuk menghitung massa barang dagangan mereka. Pada timbangan duduk juga memiliki anak timbangan sama seperti neraca sama lengan, jadi cara memakainyapun sama dengan neraca sama lengan.

Timbangan Lengan Gantung

Alat ukur massa yang satu ini adalah alat ukur yang sering digunakan oleh para petani untuk mengukur massa benda – benda yang berat seperti hasil pertanian contohnya padi, kedelai dan sebagainya.


Neraca Ohauss

Neraca ohauss juga sering digunakan di dalam laboratorium untuk menimbang benda yang tidak dapat ditimbang dengan neraca pegas karena memiliki massa yang lebih besar. Neraca Ohauss tersebut terdiri dari tiga skala. Skala pertama menggunakan ratusan gram, skala kedua menggunakan puluhan gram, dan skala ketiga menggunakan satuan gram. Alat ukur yang satu ini memiliki ketelitian hingga 0,1 g.


Neraca Lengan Tuas
Neraca lengan tuas sering digunakan di kantor pos untuk menimbang surat. Sebelum menggunakan neraca lengan tuas, sekrup yang ada di dasar neraca harus diatur agar menunjukkan skala nol. Setelah itu, surat dapat ditimbang dengan cara meletakkannya diatas piringnya.

Neraca Elektronik (Neraca Digital)

Neraca ini adalah alat ukur massa yang sangat praktis dan ketelitiannya mencapai 1 mg. Bahkan pada laboratorium neraca jenis ini yang disebut neraca analitik memiliki ketelitian sampai 0,1 mg. Oleh karena nilai ketelitiannya tersebut, neraca digital biasanya digunakan pada berbagai bidang yang membutuhkan ketelitian tinggi, seperti bidang farmasi dan penelitian ilmiah pada laboratorium.

*-*

Saya sangat mengapreasikan segala kunjungan , komentar dan kritik pembaca ke Blog CALISTUNG PEMBELAJARAN. Semua itu telah membuat blog Calistung Pembelajaran menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan dan berinteraksi.

*Jangan pernah mengukur hati seseorang*

0 Response to "Alat Ukur Massa"

Posting Komentar