Jika ingin memasang IKLAN di Blog ini bisa Hub : 085693505299


MINAT !! SIKAT !!!

SELAMAT DATANG DI BLOG CALISTUNG PEMBELAJARAN , SEMOGA APA YANG DI BERIKAN CALISTUNG PEMBELAJARAN INI BISA BERMANFAAT...AMIIIN

Pages

Penawaran Harga


URAIAN MATERI

1. Pengertian Penawaran

    Menurut Sadono, penawaran adalah jumlah barang yang ditawarkan produsen (bersedia untuk dijual) pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu. Sedangkan menurut Pratama dan Mandala, penawaran adalah banyaknyabarang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, pada periode waktu tertentu dan pada tingkat harga tertentu.

2. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran, antara lain :

a. Harga barang itu sendiri
b. Harga barang lain yang terkait
c. Biaya untuk memperoleh faktor produksi (harga faktor produksi)
d. Tujuan Perusahaan
e. Tingkat teknologi (Teknologi produksi)
f. Jumlah Pedagang/Penjual
g. Kebijakan Pemerintah

3. Fungsi Penawaran

Fungsi penawaran adalah penawaran yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan faktor yang
mempengaruhinya.

4. Hukum dan Kurva Penawaran

Bunyi hukum penawaran (law of supply) adalah Hubungan positif antara harga dengan jumlah barang yangditawarkan. Peningkatan harga (pasar) akan mengakibatkan peningkatan pada jumlah barang yang ditawarkan, danpenurunan harga (pasar) akan mengakibatkan penurunan dalam jumlah barang yang ditawarkan.Kurva penawaran (supply curve) adalah kurva atau grafik yang menggambarkan berapa banyak suatu barang akandijual oleh penjual/perusahaan pada tingkat harga yang berbeda-beda.

5. Pergeseran dan Pergerakan Sepanjang Kurva Penawaran

Pergerakan sepanjang kurva penawaran (movement along a supply curve) adalah perubahan jumlah barang yangditawarkan yang disebabkan oleh adanya perubahan harga.
Pergeseran kurva penawaran (shift of a supply curve) adalah perubahan kurva penawaran berkaitan denganperubahan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan harga barang tersebut. Pergeseran kurva penawarandisebabkan oleh faktor-faktor lain diluar faktor harga.

6. Kasus Pengecualian

Dimana hokum penawaran tidak berlaku pada tenaga kerja.


7. Harga Keseimbangan

Harga keseimbangan (Ekuilibrium) merupakan suatu keseimbangan antara jumlah barang yang diminta dengan jumlah barang yang ditawarkan pada suatu harga tertentu. Harga keseimbangan ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran. Penjual dan pembeli biasanya akan selalu mengambil tindakan yang bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara pemintaan dan penawaran. Situasi dimana jumlah penawaran lebih besar dari permintaan disebut dengan surplus. Sebaliknya, situasi dimana jumlah permintaan lebih besar dari pernawaran disebut dengan kekurangan (shortage).
Sementara jika penawaran naik namun permintaan tetap, maka harga akan turun dan mengakibatkan titik ekuilibrium juga turun.
Syarat-syarat dalam keseimbangan, antara lain :

Keseimbangan harga terjadi apabila     Qd = Qs or Pd = Ps
Keseimbangan setelah pajak                   P’  = a + bQ + tx
Keseimbangan setelah subsidi                 P’’ = a + bQ – S
Pajak ditanggung konsumen                  Tk = P’ – P
Pajak ditanggung produsen                    Tp = Tx – Tk


*-*


Saya sangat mengapreasikan segala kunjungan , komentar dan kritik pembaca ke Blog CALISTUNG PEMBELAJARAN. Semua itu telah membuat blog Calistung Pembelajaran menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan dan berinteraksi.
Semoga bermanfaat.

*Salam Pendidikan*
*Jadilan pedagang yang jujur :)*

0 Response to "Penawaran Harga"

Posting Komentar