Jika ingin memasang IKLAN di Blog ini bisa Hub : 085693505299


MINAT !! SIKAT !!!

SELAMAT DATANG DI BLOG CALISTUNG PEMBELAJARAN , SEMOGA APA YANG DI BERIKAN CALISTUNG PEMBELAJARAN INI BISA BERMANFAAT...AMIIIN

Pages

Jaringan

Ayo Belajar !!

A. Pengertian Jaringan

        Jaringan adalah sekumpulan sel yang berkaitan erat satu sama lain serta memiliki struktur dan fungsi yang sama. Ilmu yang mempelajari tentang struktur jaringan disebut histologi. Untuk memebentuk suatu jaringan, sel-sel mengalami spesialisasi dan diferensiasi. Berbagai jaringan tersusun dan terorganisasi dalam bentuk organ (Tim pengajar, 2011).
Jaringan penyusun tubuh tumbuhan dibedakan atas dua bagian yaitu jaringan meristem dan jaringan dewasa. Jaringan meristem adalah jaringan yang masih muda dan selalu aktif membela atau bersifat embrional sedangkan jaringan dewasa adalah jaringan yang tidak dapat lagi berdiferensiasi terdiri dari jaringan pengangkut, jaringan pelindung, jaringan parenkim dan jaringan gabus (Hamka, 2006). Menurut Taryono, (1995) jaringan meristem dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu :

a).Jaringan Meristem Primer

         Jaringan ini merupakan jaringan yang berasal dari pembelahan sel-sel lembaga (embrio) yang terdapat pada bagian apikal akar, batang dan daun serta menyebabkan pertumbuhan memanjang.

b).Jaringan Meristem Sekunder

      Jaringan ini berasal dari bentuk-bentuk sel dewasa menjadi embrional lagi, terdapat pula kambium serta dapat menyebabbkan pertumbuhan.
Selain itu berdasarkan anonim, (2011) jaringan dewasa juga terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya:
  • Jaringan Pelindung 


Jaringan ini terletak pada bagian terluar dari tumbuhan yang berfungsi sebagai pelindung jaringan bagian dalam. Jaringan ini juga berfungsi sebagai tempat penyerapan zat seperti pada daun  yang dapat melakukan pertukaran gas dan ekskresi.

  • Jaringan Parenkim


Merupakan jaringan dasar yang terbentuk dari meristem dasar. Setelah dewasa sel-sel parenkim masih mampu melakukan pembelahan, selain itu jaringan ini terdapat pada hampir semua tubuh tumbuhan.

  • Jaringan Penyokong


Jaringan ini berfungsi sebagai penyokong tubuh tumbuhan, terdiri dari kolenkim dan sklerenkim. Kolenkim merupakan jaringan penyokong pada organ tubuh muda dan tua pada tumbuhan lunak sedangkan sklerenkim merupakan jaringan penguat yang sel-selnya mengalami penebalan sekunder.

  • Jaringan Pengangkut


Jaringan ini terdiri dari dua bagian yakni xilem dan floem. Xilem berfungsi untuk mengangkut zat-zat dan garam-garam mineral dari tanah kedaun sedangkan floem berfungsi mangangkut hasil fotosintesis berupa sari-sari makanan dari daun keseluruh tubuh tumbuhan



B. Kesimpulan

          Jaringan adalah sekumpulan jenis yang memiliki fungsi dan tujuan yang sama. Jaringan terbagi menjadi dua yaitu jaringan meristem yang merupakan jaringan yang sel- selnya aktif membelah diri yang mengakibatka tumbuhan mengalami pertambahan tinggi dan volume serta pertambahan sel-sel baru. Dan jaringan permanen yaitu jaringan bersal dari pembelahan meristem primer maupu sekunder yang telah berdeferensiasi atau mengalami perubahan bentuk sesuai fungsinya.
Setiap tumbuhan memiliki struktur yang berbeda. Perbedaannya dapat dikelompokkan pada tumbuhan dikotil dan monokotil. Perbedaan akar monokotil dengan akar dikotil, yaitu akar monokotil memiliki parenkim sentral, tapi tidak memiliki cambium. Berbeda halnya dengan akar dikotil yang tidak memiliki parenkim sentral, tetapi terdapat cambium. Sedangkan pada batang. Kita ketahui bahwa batang monokotil antara xylem dan floemnya tidak terdapat cambium (tipe kolateral tertutup), keterbalikan dari batang monokotil. Batang dikotil diantara xylem da floemnya terdapat cambium (tipe kolateral terbuka). Sedangkan pada daun monokotil tidak memiliki jaringan parenkim palisade, tetapi tersusun oleh sel parenkim yang struktur dan ukurannya seragam. Daun dikotil memiliki jaringan palisade parenkimm pada sisi atas dari bagian atas daun.



*-*


Saya sangat mengapreasikan segala kunjungan , komentar dan kritik pembaca ke Blog CALISTUNG PEMBELAJARAN. Semua itu telah membuat blog Calistung Pembelajaran menjadi lebih baik. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan dan berinteraksi.
Semoga bermanfaat.


*Salam Pendidikan*
*Kerja Keras Orang Tua Jangan Pernah Kamu NODAI*

0 Response to "Jaringan"

Posting Komentar