Jika ingin memasang IKLAN di Blog ini bisa Hub : 085693505299


MINAT !! SIKAT !!!

SELAMAT DATANG DI BLOG CALISTUNG PEMBELAJARAN , SEMOGA APA YANG DI BERIKAN CALISTUNG PEMBELAJARAN INI BISA BERMANFAAT...AMIIIN

Pages

Tempo dan Tokoh Tema 8 Pembelajaran 2

TEMPO
=> Tanda tempo adalah tanda yang digunakan dan berfungsi untuk menunjukkan cepat/lambatnya lagu yang dinyanyikan.

=> Macam Tanda Tempo :
1.      Allegro : Cepat                                  
2.      Allegratto : Agak Cepat
3.      Presto : Cepat Sekali
4.      Moderato : Sedang Agak Cepat
5.      Vivace : Lebih Cepat
6.      Adagio : Lambat
7.      Largo : Lambat Sekali
8.      Andante : Sedang
9.      Lento : Lebih Lambat
10.  Grave : Sangat Lambat

TOKOH DAN PENOKOHAN
Tokoh
Tokoh merupakan pelaku yang mengemban peristiwa dalam cerita fiksi sehingga peristiwa itu mampu menjalin cerita, atau tokoh ialah pelaku dalam karya sastra. Tanpa tokoh alur tidak akan pernah sampai pada bagian akhir cerita.
Jenis – jenis tokoh :
1.Tokoh Protagonis

Tokoh Protagonis adalah tokoh yang mendukung cerita. Biasanya ada satu atau dua figur tokoh protagonis utama dan dibantu tokoh lain yang terlibat dalam cerita. Tokoh Protagonis biasanya berwatak baik, dan menjadi idola pembaca/pendengar.

2.Tokoh antagonis

Tokoh antagonis adalah tokoh yang menjadi penentang cerita. Biasanya ada satu,dua atau lebih figur tokoh yang menentang cerita. Tokoh jenis ini sudah pasti berwatak jahat dan dibenci oleh pembaca dan pendengar.

3.Tokoh tritagonis

Tokoh tritagonis adalah tokoh pembantu/penengah dalam cerita baik untuk tokoh protagonis dan antagonis

Penokohan

Penokohan adalah cara pengarang menggambarkan atau melukiskan tokoh dalam cerita yang ditulisnya. Dalam penokohan, watak atau karakter seorang tokoh dapat dilihat dari tiga segi, yaitu melalui:

1.Dialog tokoh.
2.Penjelasan tokoh.
3.Penggambaran fisik.
Ada dua jenis penokohan, yaitu:
·         Secara langsung atau deskriptif/analitik, dimana pengarang langsung malukiskan atau menyebutkan secara terperinci bagaimana watak sang tokoh, bagaimana ciri-ciri fisiknya, apa pekerjaannya, dan sebagainya.
·         Secara tidak langsung/dramatik, dimana pengarang melukiskan sifat dan ciri fisik sang tokoh melalui reaksi tokoh lain terhadap tokoh sentral, melalui gambaran lingkungan sekitar tokoh sentral, melalui aktivitas tokoh sentral, dan melalui jalan pikiran tokoh sentral, serta dapat diungkapkan melalui percakapan antar tokoh dalam cerita tersebut.

2 Responses to "Tempo dan Tokoh Tema 8 Pembelajaran 2"

  1. Ingin Mendapatkan Keuntungan Hingga Ratusan Juta Dengan Mudah ? Nah Mari Bergabung Dengan Situs judi Online Terbaik PARTAIQQ 100% Fairplay No Bot & Setingan !!!
    Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi Kami +855963535066
    Pelayanan Terbaik 24 Jam Online Nonstop!!!

    BalasHapus